Kabar Surabaya

Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Menurun, Berikut Ini Data Rincinya

Otoritas pengelola Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo mengakui, awal 2019 ini ada penurunan jumlah penumpang pesawat.

Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Menurun, Berikut Ini Data Rincinya
juanda-airport.com
Denah Terminal 1 Bandar Udara Juanda Surabaya di Sidoarjo. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Otoritas pengelola Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo mengakui, awal 2019 ini ada penurunan jumlah penumpang pesawat.

"Dari data, untuk penumpang Januari 2018 sebesar 1.731.969 dan untuk 2019 sebanyak 1.438.232 penumpang. Jadi ada minus 17 %. Dan data jumlah penumpang tersebut termasuk dengan keberangkatan dan  kedatangan baik domestik maupun internasional," kata Communication & Legal Section Head Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro, Jumat (08/02/2019).

Ia mengaku tidak tahu sama sekali penyebab pasti menurunnya penumpang dan tidak mau berspekulasi.

"Kalau dikaitkan dengan efek bagasi berbayar atau harga tiket tinggi, kami belum bisa memastikan. Mungkin beberapa orang ada yang menggunakan metode berpergian lain. Seperti melalui jalur darat, apalagi sekarang sudah ada Tol Trans Jawa," jelasnya.

Yuristo menambahkan, beberapa maskapai mengatakan, awal tahun 2019 ini sedang memasuki low season.

"Desember tahun kemarin kan banyak orang yang sudah berlibur lama dan telah menghabiskan sisa cuti kerjanya. Jadi sekarang orang fokus bekerja lagi, tidak untuk wisata," tambahnya.

Yuristo juga mengatakan dari efek low season tersebut beberapa maskapai mengurangi jumlah penerbangannya.

"Misal yang biasanya satu hari nya bisa sampai empat penerbangan untuk satu rute. Sekarang hanya dua penerbangan saja untuk satu rute," imbuhnya.

Tetapi dia tak tahu maskapai mana saja yang mengurangi jumlah penerbangan. Dan rute apa saja yang dikurangi jumlah penerbangannya.

"Masih harus melihat data kembali. Soalnya data ada di kantor semua," tandasnya. Kukuh Kurniawan

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved