Kabar Kediri

Latih Kedisiplinan, Pelajar MTs Digembleng Dalam Outbond Di Makodim Kediri

Peserta kegiatan LDKS ini sebagian merupakan pengurus OSIS. Ketika peserta LDKS menjadi siswa yang baik diharapkan akan menularkan kepada temanya.

Latih Kedisiplinan, Pelajar MTs Digembleng Dalam Outbond Di Makodim Kediri
suryamalang.com/Didik Mashudi
Pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Nganjuk mengikuti outbond dan LDKS di Lapangan Makodim 0809 Kediri, Sabtu (9/2/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Sebanyak 86 pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Nganjuk mengikuti outbond dan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang digelar di Lapangan Makodim 0809 Kediri, Sabtu (9/2/2019).

Kegiatan outbond dan LDKS ini ada 7 games outbond yang harus dijalani peserta. Dua games berbasis tanpa alat dan 5 games berbasis dengan menggunakan alat.  Sebelumnya, siswa-siswi menjalani latihan baris berbaris berdurasi 30 menit dan materi wawasan kebangsaan berdurasi 30 menit.

Kepala Sekolah MTs Negeri 3 Nganjuk, Atin Soleha menjelaskan, kegiatan LDKS merupakan upaya untuk melatih kedisiplinan dan kepemimpinan siswa. Diharapkan anak didiknya akan memiliki bekal dasar kepemimpinan, sebagai dasar menjadi siswa yang lebih baik.

Peserta kegiatan LDKS ini sebagian merupakan pengurus OSIS. Ketika peserta LDKS menjadi siswa yang baik diharapkan akan menularkan kepada teman-temannya.

Dijelaskan Atin, MTs Negeri 3 Nganjuk memiliki 1.017 siswa, sehingga yang ikut hanya sebagian kecil pengurus OSIS saja. "Pengurus OSIS ini terpilih melalui proses dan tahap demi tahap," jelasnya.

Selain itu LDKS merupakan  bagian dari program kerjanya. "Kami memilih di Kodim Kediri dengan harapan anak-anak mendapat ilmu yang bermanfaat, ilmu terkait kepemimpinan dan ilmu terkait kedisiplinan," ungkapnya.

Guru di sekolah juga menerapkan kedisiplinan mulai dari pendidikan pembinaan, ada pembinaan ekstra dan ada pembina OSIS. Pendidikan ekstra Pramuka juga sudah dilatih kedisiplinan, termasuk pengurus OSIS.

“Harapannya, kedisiplinan akan diterapkan setiap hari di lingkungan sekolah atau di rumah serta di masyarakat,” jelasnya.

Sementara Fatahilah Rafi Abana, salah satu siswa kelas 8 menjelaskan, kegiatannya di Makodim Kediri untuk mengikuti LDKS. Kegiatan LDKS diharapkan membuat dirinya beserta teman-temanya mendapat bekal untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Pembina Outbond Kodim Kediri Serma Suroyo menjelaskan, kegiatan LDKS dibagi dalam dua sesi yaitu tanpa alat dan yang menggunakan alat. “Kita melaksanakan kegiatan pendampingan dalam rangka LDKS dari MTs Negeri 3 Nganjuk. Kegiatan outbond ini untuk mempersatukan jiwa dan kekompakan siswa,” tambahnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved