Kabar Jakarta

Pekan Depan Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Akan Lanjutkan Penguatan Terhadap Dollar AS

Rupiah dalam pekan ini masih dalam tren apresiasi. Sebab pelaku pasar beralih dari dollar AS ke mata uang emerging market, termasuk rupiah.

Pekan Depan Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Akan Lanjutkan Penguatan Terhadap Dollar AS
Tribunnews.com
Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS stabil 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Kurs rupiah mampu menguat dan bertahan di bawah level Rp 14.000 per dollar AS di akhir perdagangan Jumat (8/2). Analis memperkirakan, pekan depan rupiah masih berpotensi menguat meski dibayangi profit taking.

Mengutip Bloomberg, Jumat (8/2) pukul 16.05 WIB, kurs rupiah di pasar spot berakhir menguat 0,13 persen ke level Rp 13.955 per dollar AS. Namun selama sepekan, rupiah terkoreksi 0,05 persen dari Rp 13.948 per dollar AS pada Jumat pekan lalu (1/2).

Sementara di kurs tengah Bank Indonesia (BI), kurs rupiah melemah 0,1 persen menjadi Rp 13.992 per dollar AS. Dalam sepekan, rupiah di kurs tengah BI juga terkoreksi 0,1 persen dari level Rp 13,978 per dollar AS.

Ekonom Sucor Sekuritas, Luthfi Ridho menilai, rupiah dalam pekan ini masih dalam tren apresiasi. Sebab pelaku pasar beralih dari dollar AS ke mata uang emerging market, termasuk rupiah.

Investor melepas dollar AS karena Presiden AS Donald Trump mengindikasikan ekonomi AS cenderung dovish. “Kabar pemerintahan AS yang akan kembali shutdown juga membuat rupiah dalam tren positif,” kata Luthfi kepada Kontan.co.id, Jumat (8/1). 

Ia menambahkan, rupiah yang melemah dalam sepekan masih wajar karena di akhir pekan pasar cenderung ambil untung. Pelemahannya juga tidak signifikan dan rupiah masih berada di bawah Rp 14.000 per dollar AS.

Luthfi memprediksikan pekan depan rupiah akan bergerak di kisaran Rp 13.900 - Rp 14.300 per dollar AS. “Masih dalam tren penguatan,” katanya. Sedangkan untuk perdagangan Senin (11/2), rupiah bakal bergerak di Rp 13.900 - Rp 14.000 per dollar AS.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved