Kabar Surabaya

Presiden Jokowi Di Puncak Peringatan HPN: Selamat Kepada Pers Karena Semakin Dipercaya Masyarakat

Ternyata, kepercayaan terhadap media sosial terus menurun sedangkan kepercayaan terhadap media utama semakin meningkat.

Presiden Jokowi Di Puncak Peringatan HPN: Selamat Kepada Pers Karena Semakin Dipercaya Masyarakat
Tribun Pekanbaru
Presiden Jokowi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan di Grand City Mall, Surabaya, Sabtu (9/2/2019). Memberikan sambutan di acara tersebut, Jokowi mengapresiasi kinerja pers atas semakin meningkatnya tingkat kepercayaan kepada pers oleh masyarakat.

Di awal sambutannya, Jokowi menjelaskan peningkatan jumlah akun media sosial yang terus berkembang di tiga tahun terakhir. ”Selaras dengan ekspansi jaringan internet, perkembangan media sosial saat ini melompat sangat tinggi,” kata Jokowi, Sabtu (9/2/2019).

Ia memaparkan, saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 143,26 juta jiwa. Jumlah ini setara dengan 54,68 persen dari total populasi di Indonesia. ”87,13 persen dari pengguna internet, merupakan pengakses layanan media sosial,” ucap Jokowi.

Tak mengherankan apabila di era saat ini begitu banyak bertebaran informasi yang diterima masyarakat. ”Selama ini, yang menjadi viral di media sosial menjadi rujukan. Bahkan, tidak jarang menjadi rujukan dari media konvensional,” katanya.

Namun, mengutip riset dari Edelman Trust Barometer 2018, media konvensional atau media utama ternyata tetap dipercaya dibandingkan media sosial. Bahkan tingkat kepercayaan terus meningkat di tiga tahun terakhir.

Pada 2016 hingga 2018, tingkat kepercayaan terhadap media konvensional menunjukkan angka peningkatan mulai dari 59 persen di 2016 dan menjadi 63 persen pada 2018. Berbeda halnya dengan kepercayaan terhadap media sosial, yang terus menunjukkan penurunan dari 45 persen (2016), 42 persen (2017), dan 40 persen (2018).

 ”Ternyata, kepercayaan terhadap media sosial terus menurun sedangkan kepercayaan terhadap media utama semakin meningkat. Kami cukup bergembira dengan situasi ini. Selamat kepada saudara dan insan pers, dan media atas kepercayaan masyarakat kepada media ini,” apresiasi Jokowi yang juga mantan Walikota Solo dua periode tersebut.

Untuk diketahui, acara perayan HPN tahun ini mengambil tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital". 

Presiden Joko Widodo hadir dengan didampingi sejumlah menteri di acara ini. Penanggung Jawab acara ini, Margiono, memberikan laporan kepada Presiden Jokowi  bahwa sejumlah stakeholder, termasuk beberapa duta besar negara sahabatpun menghadiri acara ini. 

 "Tidak ada puncak HPN semegah yang ada di Surabaya. Kehadiran Bapak Presiden dan Ibu Negara telah menyempurnakan penyelenggaran hari pers yang telah berjalan dua bulan terakhir," kata Margiono pada sambutannya di hadapan peserta yang hadir, Sabtu (9/2/2019). 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved