Malang Raya

Pemkab Malang Pastikan Dana Insentif Daerah Murni Untuk Pembangunan

Tahun 2018 lalu Pemerintah Kabupaten Malang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) Rp 7,8 milyar berdarsarkan hasil LHE AKIP tahun 2017

Pemkab Malang Pastikan Dana Insentif Daerah Murni Untuk Pembangunan
IST
Logo Kabupaten Malang 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Tahun 2018 lalu Pemerintah Kabupaten Malang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) Rp 7,8 milyar berdarsarkan hasil LHE AKIP tahun 2017 yang dilaporkan pada tahun 2018.

Baru-baru ini Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) yang diterima Pemkab Malang pada tahun 2018, mendapatkan nilai BB. Diperolehnya nilai tersebut juga diyakini akan mempengaruhi besarnya insentif.

"Harapannya tahun ini kami semakin tinggi. Kalau bisa di atas Rp 10 miliar DID-nya,” terang Inspektur Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti, ketika dikonfirmasi, Minggu (10/2/2019).

Tridiyah menambahkan, bahwa LHE AKIP bukanlah sebuah peringkat. Namun, sebagai sebuah indikator kinerja yang telah dicapai Pemkab Malang, selama melakukan program kerja, dalam tempo satu tahun anggaran.

Tahun lalu kurang lebih 10 persen yang indikator kegiatannya belum memenuhi nilai B. Berdasarkan catatan inspektorat dari hasil penilaian terhadap 61 OPD, diperiksa tahun 2018 lalu diakui belum semuanya memenuhi standart pencapaian.

Terkait peruntukan DID, Tridiyah menjelaskan penggunaanya tak lepas dari pemenuhan upaya pembangunan utama diantaranya, pengentasan kemiskinan, lingkungan hidup dan peningkatan pariwisata.

"Kami belum tahu berapa pastinya jumlah DID tahun ini. Tetap pada tiga strategi pembangunan pada tahun 2019 ini. Fokusnya tetap itu. Seluruh Indonesia, hanya 40 kabupaten/kota yang dapat (DID), ditambah dengan lima daerah yang mendapat nilai A dan provinsi tentunya,” ujar Tridiyah. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved