Kabar Blitar

Jadwal Dimajukan, 15 SMA Dan SMK Di Blitar Belum Bisa Melaksanakan UNBK Secara Mandiri

Sesuai jadwal, UNBK untuk SMK dilaksanakan akhir Maret 2019, sedangkan UNBK untuk SMA dilaksanakan awal April 2019.

Jadwal Dimajukan, 15 SMA Dan SMK Di Blitar Belum Bisa Melaksanakan UNBK Secara Mandiri
suryamalang.com/Samsul Hadi
Sejumlah siswa SMPN 1 Kota Blitar saat mengikuti UNBK pada 2018 lalu. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK dan SMA tahun ini dipastikan maju dari jadwal sebelumnya. Sesuai jadwal, UNBK untuk SMK dilaksanakan akhir Maret 2019, sedangkan UNBK untuk SMA dilaksanakan awal April 2019.

"Jadwal UNBK SMK dan SMA dimajukan. Tahun lalu, UNBK SMK dilaksanakan awal April dan UNBK SMA dilaksanakan akhir April. Tahun ini UNBK SMK maju akhir Maret dan SMA awal April," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo, Rabu (13/2/2019).

Trisilo mengatakan, jumlah siswa SMA dan SMK di Blitar yang mengikuti UNBK sebanyak 12.242 siswa. Rinciannya di Kabupaten Blitar ada 7.246 siswa dan di Kota Blitar ada 4.993 siswa. Sesuai jadwal, pelaksanaan UNBK untuk SMK dimulai pada 25-28 Maret 2019. Sedangkan UNBK untuk SMA dilaksanakan awal April 2019.

"Pelaksanaan UNBK untuk SMA mulai 1, 2, 4 dan 8 April 2019," ujar Trisilo.

Saat ini, para siswa sedang persiapan mengikuti ujian sekolah berbasis nasional (USBN) yang rencananya dilaksanakan awal Maret 2019. Pelaksanaan USBN juga menggunakan komputer. Sekolah sudah melakukan persiapan untuk pelaksanaan USBN.

"Sebelum mengikuti UNBK, para siswa akan mengikuti USBN pada awal Maret ini. Pelaksanaan USBN juga menggunakan komputer," katanya.

Dikatakannya, mayoritas SMK dan SMA di Blitar sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Jumlah SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Blitar ada 103 lembaga. Dari total itu, hanya sekitar 15 lembaga yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri.

Sebanyak 15 sekolah melaksanakan UNBK dengan cara menumpang ke sekolah lain. Sejumlah sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri itu karena belum memiliki komputer dan belum terakreditasi.

"Syarat utama melaksanakan UNBK mandiri harus sudah terakreditasi. Ada juga sekolah yang sudah terakreditasi tapi belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri karena belum memiliki fasilitas komputer," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved