Kota Batu

Simulasi BPBD di Coban Talun 4 Orang Tewas 15 Orang Terjebak Longsor

Simulasi kebencanaan di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji dibuat adanya bencana besar.

Simulasi BPBD di Coban Talun 4 Orang Tewas 15 Orang Terjebak Longsor
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Penyelamat korban bencana tertimpa pohon saat simulasi kebencanaan di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kamis (14/2/2019). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Simulasi kebencanaan di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji dibuat adanya bencana besar.

4 orang tewas dari 15 orang yang terjebak longsor di kawasan wisata air terjun Coban Talun, Kamis (14/2/2019).

Awalnya dalam simulasi itu cuaca di area wisata terihat cerah, namun tiba-tiba hujan lebat datang sehingga menyebabkan banjir, pohon tumbang, serta longsor.

Begitu mengetahui adanya bencana itu, tim BPBD Batu segera berkoordinasi dengan warga setempat, pihak kepolisian, TNI, Dinas Pemadam Kebakaran, dan perangkat lainnya.

Tidak lama, mobil resque, mobil ambulance, tim medis, tenda darurat, rekayasa lalu lintas, tim pencari hingga K9 tiba di lokasi.

Masing-masing menjalankan tugas, ada yang menuju lokasi bencana dan menyelamatkan korban, ada yang mempersiapkan logistik, dan mempersiapkan perlengkapan medis.

Simulasi berlangsung selama 60 menit, dan melibatkan berbagai tim.

Simulasi ini diadakan tak lain untuk memberikan pemahaman bagaimana bertindak cepat sesuai prosedur.

Kepala BPBD Batu, Sasmito mengatakan dari simulasi ini setiap tim harus bekerjasama dalam satu tujuan, yaitu menyelamatkan korban bencana.

“Kami berkoordinasi satu sama lain, jangan sampai terjadi kesalahan komunikasi. Apalagi akses tempat wisata ini jauh dari tempat masuk,” kata Sasmito, seusai simulasi.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved