Malang Raya

Aktivis WCC Kota Malang Gelar Demo, Minta Penjelasan Kadindik Soal Kekerasan Seksual Siswi SD

Aksi tersebut dilatar belakangi adanya dugaan kekerasan seksual yang menimpa siswi SDN Kauman 3 Kota Malang.

Aktivis WCC Kota Malang Gelar Demo, Minta Penjelasan Kadindik Soal Kekerasan Seksual Siswi SD
suryamalang.com/Sylvianita Widyawati
Kadindik Kota Malang, Zubaidah menemui pendemo yang tergabung dalam " Aliansi Masyarakat Tolak Kekerasan Seksual" di halaman dindik Jl Veteran, Senin (18/2/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Ratusan pendemo beraksi di halaman Dinas Pendidikan Kota Malang, Senin (18/3/2019). Mereka bergabung dalam Aliansi Masyarakat Menolak Kekerasan Seksual.

Aksi ini dilatar belakangi adanya dugaan kekerasan seksual yang menimpa siswa SDN Kauman 3 Kota Malang. Mereka membawa sejumlah spanduk bertulis "Lawan Kekerasan Seksual, Love Is Free From Abuse, Guru Itu Mendidik Bukan Mencabili"#Lindungi Anak.

Dalam aksinya, mereka meminta Zubaidah, Kadindik Kota Malang memberikan pernyataan terbuka di depan mereka.

Zubaidah terlihat ada di ruang kerjanya. Ia sempat mengintip dari jendela. "Keluar...keluar...," teriak mereka. Setelah itu, Zubaidah keluar. Zubaidah menyatakan, pihaknya sudah memberikan sanksi kepada guru IM sesuai aturan ASN.

"Dia juga sudah tidak lagi jadi guru. Sekarang sedang kami proses memberhentikan tunjangan sertifikasinya," jelas Zubaidah kepada pendemo. Untuk tuntutan pendemo agar oknum guru itu dipecat, dikatakan Zubaidah, ada mekanismenya sendiri sebagai ASN.

Sementara untuk proses hukumnya juga sedang berjalan dengan adanya laporan dari wali murid ke Polres Malang Kota.

Dalam orasinya, Sri Wahyuningsih, Direktur WCC (Woman Crisis Centre) menyatakan, aksinya sebagai bentuk keprihatinan. "Saya juga punya tiga cucu yang masih SD. Ibu-ibu yang memiliki anak SD pasti juga khawatir. Betul tidak?" ujarnya. Di aksi itu, aliansi menuntut 10 hal yang disampaikan ke Kadindik Kota Malang

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved