Cara Bikin Bunga Pipih dari Bunga Segar Bekas ala Amelie Casadevall dari Prancis

Amelie Casadevall, perempuan asal Prancis yang pendiri Cite des Fleur, menuturkan, pressed flower dapat menjadi salah satu cara memanfaatkan bunga seg

Cara Bikin Bunga Pipih dari Bunga Segar Bekas ala Amelie Casadevall dari Prancis
Hefty's Suud
Amelie Casadevall, perempuan asal Prancis yang pendiri Cite des Fleur, menuturkan, pressed flower dapat menjadi salah satu cara memanfaatkan bunga segar yang sudah tidak lagi terpakai. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Amelie Casadevall, perempuan asal Prancis yang pendiri Cite des Fleur, menuturkan, pressed flower dapat menjadi salah satu cara memanfaatkan bunga segar yang sudah tidak lagi terpakai.

Biasanya, ia mengumpulkan bunga-bunga dari bekas papan ucapan atau yang berserakan di jalan. Namun, menurut Amelie, tidak semua bunga tidak terpakai dapat diolah menjadi pressed flower.

"Bunga-bunga yang dipakai usahakan yang masih utuh bentuknya sehingga nanti saat dipipihkan (pressed) akan cantik hasilnya," ujar Amelie.

Lanjutnya, beberapa warna bunga mawar tidak ia sarankan untuk diolah menjadi pressed flower. Yaitu bunga mawar merah dan oranye.

"Kalau mawar merah diolah menjadi pressed flower, warna merahnya akan berubah menjadi coklat gelap. Demikian juga dengan mawar oranye, warnanya juga akan berubah kecoklatan. Jadi warna bunga aslinya hilang," ungkap Amelie.

Apabila ingin membuat pressed flower bunga mawar, ia menyarankan untuk memilih yang warnanya pink fucia.

Selain itu, Amelie pun merekomendasikan beberapa bunga yang warnanya tidak akan begitu banyak berubah saat dijadikan sebagai pressed flower.

"Bugenfil, asoka, hortensia, baby breath, dan sakura, itu adalah beberapa bunga yang warnanya masih cantik dijadikan sebagai pressed flower," Amelie menjelaskan.

Imbuhnya, perubahan warna itu terjadi dikarenakan dalam pressed flower, kelembaban bunga akan diserap. Dalam prosesnya bunga akan diapit dengan kertas kardus, kertas koran dan kertas roti.

Prosesnya membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga minggu. Untuk hasil pressed flower yang maksimal, Amelie menyarankan, proses pressed flower tidak dilakukan di ruangan yang lembab atau di bawah paparan matahari langsung. Hefty's Suud

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved