Tips Kesehatan

Tiga Gejala Awal Adanya Masalah Sendi, Ketahui dan Antisipasi sebelum Terlambat

Pertama, saat bangun tidur, tubuh terasa kaku. Menurut Hendry, rasa kaku itu perlu diamati, apakah waktunya lebih dari 30 menit atau lebih?

Tiga Gejala Awal Adanya Masalah Sendi, Ketahui dan Antisipasi sebelum Terlambat
pixabay
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Hotel Singgasana Surabaya mengadakan talkshow bertema Hidup Sehat Tanpa Nyeri untuk para karyawannya, Rabu (20/2/2019).

Acara itu bekerja sama dengan Rumah Sakit Ortopedhi dan Traumatologi Surabaya

W Virtaloka, PR Manager Hotel Singgasana Surabaya, menyampaikan, kegiatan tersebut sengaja diadakan untuk memberikan edukasi kepada karyawannya mengenai perawatan dan pengobatan tulang sendi.

"Dalam sehari-hari, kadang kita tidak memperdulikan kesehatan tulang dan sendi. Padahal semua aktivitas yang kita lakukan melibatkan persendian. Maka edukasi ini kami rasa perlu, agar sendi kita tetap sehat," ujar Virtaloka.

Dalam acara tersebut, hadir dr Hendry Ricardo H, Sp OT dari Rumah Sakit Ortopedhi sebagai pembicaranya.

Dalam acara tersebut, Hendry membagikan tiga hal yang umumnya menjadi pertanda bahwa tubuh Anda mengalami gangguan sendi.

Pertama, saat bangun tidur, tubuh terasa kaku. Menurut Hendry, rasa kaku itu perlu diamati, apakah waktunya lebih dari 30 menit atau lebih?

Apabila, rasa kaku pada tubuh saat bangun tidur itu hanya berlangsung kurang dari 30 menit, bisa jadi ada gangguan pada otot atau pengapuran sendi.

Namun apabila yang kekauan tersebut terjadi 30 menit lebih bahkan sampai lebih dari 60 menit, perlu diwaspadai adanya gangguan berupa rematik.

"Apalagi kalau sendi-sendi kecil, antara lain jari-jari kaki, tangan. Kalau kakunya pada sendi lutut dan sendi bedar lainnya, biasanya yang terjadi adalah pengapuran," ujar Hendry.

Kedua, adanya gangguan sendi dapat ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada tubuh apabila digunakan beraktifitas sehari-hari. Apalagi jika diikuti dengan adanya pembengkakan.

"Dipakai beraktifitas duduk, berjalan, semakin lama semakin capek, nyeri, diiringi suara kretek kretek, dan kalau sampai ditemui bengkak di kaki, pergelangan kaki, itu sudah menjadi warning," ungkap Hendry.

Lanjutnya, hal tersebut harus diperiksakan, sebab ada sesuatu yang harus segera diketahui. Apakah sendinya menyempit, apakah ada defect, atau apakah daerah tulang rawannya sudah mulai rusak?

Ketiga, adanya gangguan sendi pada sedeorang ditandai dengan ketidak mampuannya bergerak leluasa seperti biasa. Contoh, yang biasanya bisa menggegam secara utuh, lalu hanya bisa menggenggam setengah saja. Hefty's Suud

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved