Kabar Kediri

Puluhan UMKM Antusias Mengikuti Progam Kemitraan Dengan Perbankan Di Kota Kediri

UMKM yang ambil bagian pada kegiatan kemitraan ini mulai dari kerajinan tangan, camilan, makanan dan minuman serta produk kain tenun.

Puluhan UMKM Antusias Mengikuti Progam Kemitraan Dengan Perbankan Di Kota Kediri
suryamalang.com/Didik Mashudi
Salah satu UMKM assesoris perhiasan mengikuti progam kemitraan di Taman Hutan Kota Jayabaya, Kota Kediri. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Kediri antusias mengikuti kurasi progam kemitraan yang mempertemukan pihak perbankan dan pembeli di Taman Hutan Kota Jayabaya, Kota Kediri, Kamis (21/2/2019).

UMKM yang ambil bagian pada kegiatan kemitraan ini mulai dari kerajinan tangan, camilan, makanan dan minuman serta produk kain tenun. Peserta juga ada UMKM baru dan UMKM yang telah lama eksis.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dsn Tenaga Kerja Kota Kediri, Kristianto mengatakan, pihak stake holder dari kalangan perbankan juga banyak yang diundang. Keberadaan stake holder ini diharapkan dapat membuat usaha UMKM semakin berkembang.

Untuk mengikuti kurasi progam kemitraan, pihak penyelenggara memang mematok sejumlah persyaratan. Di antaranya perizinan harus lengkap, memiliki sertifikasi halal bagi produk makanan dan memiliki PIRT.

"Ada 85 peserta yang mengikuti kegiatan mulai UMKM kelompok hadicraf, assesoris, produk makanan dan minuman," jelasnya.

Dijelaskan Kristianto, dari progam pendampingan telah melahirkan UMKM yang telah mampu go nasional dan go internasional. Salah satunya perajin kain tenun ikat Bandarkidul serta produk olahan cokelat.

Diharapkan, dengan bertemunya semua stake holder yang ada di Kota Kediri semakin dapat memberdayakan kelompok UMKM. "Hasil kurasi diharapkan semakin membuka wawasan kalangan UMKM untuk akses permodalan dan pemasaran," jelasnya.

Karena pada kegiatan kurasi ada talk show serta menghadirkan kalangan kantor perbankan dan pegadaian yang ada di Kota Kediri. "Ada tiga perbankan yang kami hadirkan pada kegiatan ini," jelasnya.

Sementara Any, salah satu peserta yang memajang produknya menyambut kegiatan progam kemitraan UMKM.
Pada ajang itu selain mendapatkan pengalaman dan wawasan juga dapat menjalin kemitraan dengan sesama kolega UMKM. "Kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan setiap sebulan atau dua bulan sekali," tuturnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved