Kabar Pasuruan

Buah Apel Tutur Asal Pasuruan Siap Tembus Pasar Jakarta

Pengusaha Jakarta tersebut mengincar apel Tutur untuk dipasarkan ke supermarket-supermarket yang ada di Jakarta.

Buah Apel Tutur Asal Pasuruan Siap Tembus Pasar Jakarta
suryamalang.com/Galih Lintartika
Buah Apel Tutur Pasuruan diincar pengusaha Jakarta. Bupati Pasuruan saat hunting foto di kebun apel Nongkojajar. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Buah Apel Tutur-Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan ternyata dilirik pengusaha asal Jakarta. Kesempatan ini seakan menjadi hadiah bagi petani buah apel di Kabupaten Pasuruan untuk bisa memasarkan produknye lebih luas.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan mengatakan, ada pengusaha di bidang jual beli komiditi yang melirik buah apel Tutur dari Kabupaten Pasuruan. Pengusaha tersebut mengincar apel Tutur, untuk dipasarkan ke supermarket-supermarket yang ada di Jakarta.

"Kemarin, pihak pengusaha tersebut melakukan peninjauan ke Tutur. Mulanya, pihak pengusaha dari PT Lumbung Mineral hanya menganggap buah apel itu berasal dari Batu, Malang. Tidak tahu, kalau ternyata apel itu ada di Pasuruan juga," katanya.

Ihwan mengungkapkan, pihak pengusaha tersebut sepakat untuk membeli apel asal Kabupaten Pasuruan. Tahap awal, sekitar 20 ton. Harganya diambil sekitar Rp 6 ribu per kilogram. Harga apel saat ini, dinilai Ihwan terbilang anjlok. Karena ditingkat petani, hanya sekitar Rp 5 ribu per kilogramnya.

"Tapi perusahaan tersebut mau mengambil sedikit lebih tinggi. Sekarang memang harga apel jatuh. Namun, bukan berarti tidak akan naik. Kalau naik, tentunya perusahaan tersebut mau mengambil dengan harga penyesuaian pasar," ujarnya.

Ia menegaskan, datangnya pengusaha tersebut jelas memberi peluang. Untuk memperluas jangkauan pasar apel Tutur. Dengan begitu, brand apel Tutur akan semakin dikenal.

"Brand apel dari Kabupaten Pasuruan itu yang kami incar. Yang terpenting, petani juga memiliki komitmen," pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved