Kabar Jember

Pemkab Jember Targetkan Fasilitasi KUR Bagi 25 Ribu UMKM Di Jember Tahun 2019

Pihak swasta seperti Lippo juga harus mendukung pembinaan UMKM, salah satunya memberikan wadah pameran kepada UMKM Jember.

Pemkab Jember Targetkan Fasilitasi KUR Bagi 25 Ribu UMKM Di Jember Tahun 2019
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Bupati Jember, Faida bersama perwakilan lippo plaza jember. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember akan memfasilitasi 25 ribu UMKM pemula di Kabupaten Jember mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di tahun 2019 ini. Karenanya, Pemkab Jember sedang mendata dan membina mereka untuk kemudian bisa mendapatkan bantuan pembiayaan melalui KUR ini.

Hal iitu ditegaskan Bupati Jember, Faida saat bertemu rombongan Lippo PLaza Jember di Pendapa Wahyawibawagraha, Jember, Jumat (22/2/2019).

Perwakilan Lippo Plaza Jember itu bertemu Bupati Faida menyampaikan rencana kegiatan Lippo Malls Anniversary (LMI). Kepada bupati, Mall Director Lippo Plaza Jember, Jarenta Sinaga mengatakan, ada aneka kegiatan yang bakal digelar dalam LMI.

"Kami datang untuk meminta izin ibu bupati, juga menyampaikan kegiatan LMI ini," ujar Jarenta. Kegiatan di LMI itu antara lain pagelaran kesenian, juga pameran UMKM, dan mini museum exhibition.

"Kami ingin mendukung Kabupaten Jember, salah satunya dengan menampilkan aneka seni budaya Jember dan produk UMKM Jember," ujar Jarenta.

Mendengar paparan itu, Bupati Faida menyambut baik kegiatan tersebut. Bupati Faida menegaskan, Lippo harus menjadi Lippo Jember bukan Lippo yang ada di Jember. "Jadi ketika orang masuk Lippo Jember akan langsung tahu dan paham kalau itu di Jember," ujar Faida.

Dia kemudian menegaskan komitmen Pemkab Jember untuk pembinaan UMKN dan pelaku seni di Jember. Menurutnya, pembinaan pada UMKM harus dilakukan mulai dari hulu ke hilir. Pihak swasta seperti Lippo juga harus mendukung pembinaan UMKM, salah satunya memberikan wadah pameran kepada UMKM Jember.

"Tetapi pastikan UMKM yang diberi fasilitas wadah pameran ini UMKM yang sudah teregistrasi. UMKM-nya memiliki TDP, produknya ada izin semua. Kami dari Pemkab Jember juga kerap memberikan fasilitas pameran kepada UMKM. Apalagi tahun 2019 ini kami targetkan fasilitas pemberian KUR kepada 25 ribu UMKM pemula," tegas Faida.

Karenanya, Pemkab Jember membutuhkan sinergitas semua pihak untuk pembinaan UMKM ini. Pihak swasta seperti pelaku perniagaan bisa bersinergi dalam membantu promosi dan penjualan produk UMKM Jember, salah satunya memberikan wadah ajang pameran bagi produk UMKM.

"Begitu juga untuk penampilan seni dan budaya khas Jember. Harus benar-benar detil nantinya, berkoordinasi dengan dinas terkait. Harus memenuhi unsuk keadilan informasi juga, nanti jangan sampai ada tudingan kok itu-itu saja yang ditampilkan. Sudah ada katalog dan data pelaku seni, sebaiknya dibicarakan lebih detil dengan dinas terkait," tutur Bupati Faida.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved