Cara Membuat Animal Head Grass Berbahan Stocking

Pendiri Kidz Corner Indonesia, Maria Hendriani, menyebutkan, mengajak anak-anak mencintai tanaman harus dilakukan dengan cara-cara yang kreatif.

Cara Membuat Animal Head Grass Berbahan Stocking
Hefty's Suud
Animal head grass berbentuk kepala anjing dan monyet buatan Kidz Corner Indonesia. 

Reportase Hefty's Suud, Surabaya

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pendiri Kidz Corner Indonesia, Maria Hendriani, menyebutkan, mengajak anak-anak mencintai tanaman harus dilakukan dengan cara-cara yang kreatif.

Salah satunya membuat bibit tanaman tampak menyerupai hewan peliharaan atau animal head grass.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah bibit rumput gandum, vermiculite sebagai pengganti tanah dan pupuk perlite. Selain itu, siapkan stocking untuk mengemas semua bahan tersebut.

"Potong stocking sesuai ukuran yang kita inginkan, lalu untuk memasukkan bahan-bahan tersebut, rentangkan stocking menggunakan bantuan mangkuk, cangkir, atau gelas," Maria menjelaskan.

Maria menyarankan, letakkan bahan-bahan tanaman mulai dari bibit rumput gandum terlebih dulu, lalu vermiculite dan perlite. Setelahnya, bungkus semua bahan dengan cara menguncir bagian bawah stocking.

"Bungkus bibitnya nanti berbentuk bulat dan biji rumput gandumnya berada di atas, supaya saat tumbuh, rumput gandumnya akan tampak seolah menjadi rambut hewan," ujar Maria.

Lanjutnya, saat membungkus bahan tanaman, sisakan beberapa sentimeter stocking sebagai sumbu di bagian bawahnya. Sumbu itulah yang akan menyalurkan air ke tanaman.

Setalah bahan tanaman tersebut berbentuk bulat, selanjutnya tinggal menghiasnya dengan eva busa. Dijelaskan Maria, potong eva busa berbentuk bagian wajah hewan yang ingin dibuat, antara lain telinga, hidung, mulut, dan siapkan pernik mata.

"Contoh, membuat bentuk kepala anjing. Pilihlah eva busa berwarna coklat, lalu dbentuk menyerupai telinga, hidung, dan mulut anjing," imbuhnya.

Untuk merekatkan eva gabus dan pernik mata ke bibit tanaman, Maria menyarankan untuk menggunakan lem bening.

Setelah membuat bibit tanaman menyerupai bentuk hewan. Letakkan tanaman dalam pot sesuai ukuran. Supaya tanaman tumbuh, isi pot dengan air secukupnya.

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved