Kabar Jakarta

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Menguat Rp 14.020 Per Dollar AS

Sentimen positif datang seiring kemajuan kesepakatan dagang antara AS dan China. Hal itu berdampak penguatan rupiah.

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Menguat Rp 14.020 Per Dollar AS
Tribunnews.com
Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS stabil 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Nilai tukar mata uang rupiah awal pekan menguat terhadap dollar Amerika Serikat (AS), Senin (25/2) pagi. Mengutip Bloomberg, pukul 10.19 WIB, rupiah di pasar spot ke Rp 14.020 atau menguat 0,27 persen dari penutupan sebelumnya Rp 14.057 per dollar AS.

Senada, rupiah pada kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga unjuk gigi ke level Rp 14.007 per dollar AS. Pada Jumat (22/2), rupiah parkir di level Rp 17.079 per dollar AS. Sentimen positif datang seiring kemajuan kesepakatan dagang antara AS dan China.

"Presiden AS Donald Trump melakukan ciutan via Twitter pada akhir pekan lalu untuk menunda penerapan kenaikan tarif 25 persen untuk barang-barang impor China senilai US$ 200 miliar yang semestinya pada 1 Maret mendatang, seiring dengan kemajuan pembicaraan dagang antara AS-China yang sedang berlangsung secara intensif," kata ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, pada 22 Februari 2019, Presiden Trump telah bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu Hie dan akan melanjutkan pertemuan dengan Presiden China XI Jinping pada akhir Maret di Florida. Dari pembicaraan saat ini, diperoleh kesepakatan China akan membeli barang-barang dari AS senilai US$ 1,2 triliun.

Menurut Lana, kesepakatan tersebut memberikan sentimen positif terhadap pasar global dan mengurangi ketidakpastian pertumbuhan ekonomi global. "Hari ini, rupiah kemungkinan menguat ke level Rp14.000 per dollar AS hingga Rp14.050 per dollar AS," ujar Lana.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved