Tips Kesehatan

Benarkah Mandi Malam Memicu Reumatik? Simak Penjelasan Dokter Hendry Ricardo H

Penyakit reumatik ini kebanyakan menyerang perempuan usia 30 sampai 40 tahun. Apalagi, kalau ada anggota keluarga yang sebelumnya pernah mengalami RA,

Benarkah Mandi Malam Memicu Reumatik? Simak Penjelasan Dokter Hendry Ricardo H
Hefty's Suud
Dokter Hendry Ricardo H, Sp OT saat mencontohkan cara melakukan peregangan nyeri sendi dalam talkshow bertema Hidup Sehat Tanpa Nyeri di Singgasana Hotel Surabaya, Rabu (20/2/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Benarkah mandi malam dapat menyebabkan terserang reumatik.

Dokter Hendry Ricardo H, Sp OT dari Rumah Sakit Ortopedhi Surabaya menyampaikan, mandi malam tidak berhubungan dengan penyakit reumatik.

Dalam ilmu kedokteran, reumatik terbagi menjadi dua, yaitu rheumatoid arthritis atau disebut juga AR. Selain itu, ada juga osteoarthritis.

Presepsi masyarakat mengenai reumatik yang dikaitkan dengan kebiasaan mandi malam, apabila ditinjau dari gejalanya, secara kedokteran disebut sebagai AR. Penyakit tersebut disebabkan adanya imun berlebih dan menyerang ke sendi.

"Penyakit reumatik ini kebanyakan menyerang perempuan usia 30 sampai 40 tahun. Apalagi, kalau ada anggota keluarga yang sebelumnya pernah mengalami RA, biasanya akan ditularkan ke keturunannya," ungkap Hendry.

Lanjutnya, ciri khas RA, biasanya seseorang akan mengalami gejala nyeri dengan waktu lebih dari 30 menit, bahkan lebih dari 60 menit. Nyeri yang timbul, biasanya terasa pada sendi-sendi kecil dan simetris. Contoh, jari tangan atau kaki kanan dan kiri.

"Jadi mandi malam atau enggak, kalau ada riwayat AR atau mengalami kelebihan imun yang menyerang sendi, ya pasti kena reumatik. Apalagi kalau ada anggota keluarga, contoh, punya nenek yang jari tangannya sampai bengkok, biasanya itu AR," ujar Hendry.

Selanjutnya, rasa nyeri yang timbul pasca mandi malam, dijelaskan Hendry sebagai reaksi yang ditimbulkan otot ketika dingin suhu udara malam ditambah dengan guyuran air pada tubuh.

"Sudah suhu udaranya dingin, mandi dengan air dingin pula. Otomatis otot akan kontraksi dan menyebabkan aliran darahnya terganggu, sehingga timbul rasa ngilu. Tapi itu bukan reumatik," ungkapnya.

Untuk itu, ia menyarankan, apabila ingin mandi di malam hari, sebaik mandilah menggunakan air hangat. Hefty's Suud

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved