Rumah Politik Jatim

Pilih Jadi ASN, Satu Caleg Di Trenggalek Mengundurkan Diri

Caleg tersebut mengundurkan diri setelah mendaftar sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) dan diterima

Pilih Jadi ASN, Satu Caleg Di Trenggalek Mengundurkan Diri
suryamalang.com/David Yohanes
Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Suripto. 

Seorang Caleg DPRD Kabupaten Trenggalek Mundur Dari Pencalonan

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Seorang calon legislatif (Caleg) Kabupaten Trenggalek mengundurkan diri di tengah proses kampanye. Caleg yang mundur berasal dari daerah pemilihan 3 nomor urut 3, Fifi Ngainil Mu'fidah.

“Caleg tersebut mengundurkan diri setelah mendaftar sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) dan diterima,” kata Ketua KPU Trenggalek, Suripto, Kamis (28/2/2019).

Suripto menjelaskan, sesuai ketentuan pencalonan, yang dilarang adalah ASN, TNI, Polri, perangkat desa dan Kepala Desa. Secara legal formal, tidak ada masalah dengan syarat pencalonan semua caleg. Bahkan hingga masuk Daftar Caleg Tetap (DCT) dan siap dicetak di surat surat suara.

“Karena caleg ini diterima sebagai ASN, dia mundur dari keanggotaan partai politik. Bukan mundur sebagai caleg,” terang Suripto.

Sebelumnya, ungkap Suripto, pihaknya sudah melakukan klarifikasi terhadap partai politik yang mengusung Fifi. KPU juga sudah melakuan klarifikasi terhadap Fifi secara langsung. Dan yang bersangkutan telah menegaskan, mundur dari Partai Demokrat.

Karena mundur dari partai politik, maka Fifi tidak memenuhi syarat sebagai caleg. Sebab seseorang hanya bisa menjadi caleg jika melalui partai politik.

“Tapi nama Fifi tidak dihapus dari DCT, dan namanya juga tetap akan dicetak di surat suara,” tutur Suripto.

Namun saat pelaksanaan pemungutan suara, KPU akan mengumumkan bahwa Fifi telah mundur. Jika namanya tetap dicoblos, maka suaranya akan masuk menjadi suara partai. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved