Kota Batu

Satgas Pengamanan Bansos Bergerak di Kota Batu

Ada Satuan Tugas Pengamanan Bantuan Sosial di Kota Batu. Satgas ini dibentuk setelah menindaklanjuti kerjasama antara Kemensos dengan Polri

Satgas Pengamanan Bansos Bergerak di Kota Batu
Benni Indo - SuryaMalang.com
Koordinator PKH Ainur Trihana. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Ada Satuan Tugas Pengamanan Bantuan Sosial di Kota Batu. Satgas ini dibentuk setelah menindaklanjuti kerjasama antara Kemensos dengan Polri pada 11 Januari lalu.

Satgas beranggotakan dari Dinas Sosial Kota Batu dan Polres Batu. Petugas mulai bergerak untuk memantau dan mengamankan penyaluran dana bantuan sosial di Kota Batu.

Dana Bansos pusat yang disalurkan ke daerah berwujud beberapa program seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Koordinator PKH Dinsos Kota Batu Ainur Trihana menjelaskan bahwa sejauh ini tim sudah bergerak di lapangan.

“Dari kepolisian sudah bekerja. Ini harus dipantau karena dana yang dikucurkan langsung dari pusat,” ujar Ainur.

Namun begitu, Dinsos Kota Batu masih belum mendapatkan petunjuk teknis dari Kemensos terkait tupoksi pergerakan Satgas ini. Ainur mengatakan kalau pihaknya akan segera bergerak setelah adanya petunjuk dari Kemensos.

“Kami mengikuti pentunjuk Kemensos sesuai Juknis. Sementara ini dari kepolisian malah sudah bergerak,” katanya.

Dinsos Kota Batu telah melakukan koordinasi dengan Polres Batu. Hal ini dilakukan untuk menyamakan persepsi. Dari data nasional, ada Rp 34.6 T yang dikucurkan dari pusat ke daerah.

Di Kota Batu sendiri, ada 4300 KK yang mendapat BPNT. Kemudian ada 3036 yang menerima bantuan PKH.

“Satgas Pengamanan Bansos ini ya jelasnya agar bantuan sosial lebih aman. Terhindar dari penyelewengan. Dulu kan tunai, sekarang pakai ATM,” beber Ainur.

Dikatakan Ainur, sejauh ini tidak ada temuan penyelewengan di Kota Batu. Namun begitu, pengawasan tetap dilakukan agar bantuan yang disalurkan tepat guna.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved