Kabar Blitar

Tiket KA Lokal Sudah Bisa Dipesan Lewat Online, Calon Penumpang Tidak Perlu Antre

Pemesanan tiket KA lokal secara online bisa dilakukan seminggu sebelum hari pemberangkatan. Layanan ini dapat mengurangi antrean.

Tiket KA Lokal Sudah Bisa Dipesan Lewat Online, Calon Penumpang Tidak Perlu Antre
suryamalang.com/Samsul Hadi
Loket pemesanan tiket di Stasiun Kota Blitar. Hanya ada tiga loket di Stasiun Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - PT KAI mulai menerapkan pelayanan pemesanan tiket untuk kereta api (KA) lokal melalui sistem online. Para penumpang KA lokal di Stasiun Kota Blitar menyambut gembira layanan baru itu.

Seperti diungkapkan Aprilia, warga Jl Kenari, Kota Blitar, Minggu (3/3/2019). April sering berpergian naik KA lokal. Setiap hendak ke Malang maupun ke Surabaya, April lebih memilih naik kereta api dari pada moda tranasportasi umum lainnya.

April mengaku senang dengan adanya layanan baru pemesanan tiket KA lokal menggunakan sistem online. Layanan itu akan memudahkan calon penumpang memesan tiket tanpa harus datang ke stasiun.

"Layanan itu sudah ditunggu-tunggu para calon penumpang KA lokal. Calon penumpang KA lokal tidak perlu repot antre di loket stasiun lagi. Bisa pesan tiket dari rumah. Lebih praktis," kata April.

April mengaku sebelumnya kesulitan membeli tiket KA lokal. Dia harus antre di Stasiun Kota Blitar untuk membeli tiket KA lokal. Dia juga sering kehabisan tiket saat antre di loket stasiun. Dia sering mendapatkan tiket berdiri untuk KA lokal.

Kalau ingin dapat tiket duduk dan tidak antre, dia harus membeli tiket di stasiun lain. Dia sering membeli tiket di Stasiun Garum maupun di Stasiun Rejotangan. "Kalau di Stasiun Kota Blitar selalu antre, makanya terkadang saya beli tiket di stasiun lain, agar tidak antre lama," ujarnya.

Hal sama dikatakan Senja Puspita, warga Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Senja juga sering berpergian naik KA lokal. Selama ini, Senja sering megeluhkan soal antrean panjang saat membeli tiket di loket Stasiun Kota Blitar.

"Sekarang zamannya sudah online. Memang sudah semestinya pemesanan tiket KA lokal juga bisa lewat online," katanya.

Kepala Stasiun Kota Blitar, Yana Hadiyana mengatakan, layanan pemesanan tiket KA secara online mulai diterapkan per 1 Maret 2019. Sekarang, para calon penumpang KA lokal tidak perlu antre lagi membeli tiket di stasiun. Para calon penumpang bisa memesan tiket di rumah.

"Pemesanan tiket KA lokal secara online bisa dilakukan seminggu sebelum hari pemberangkatan. Layanan ini dapat mengurangi antrean pembelian tiket di stasiun," ujarnya.

Dikatakannya, volume penumpang KA lokal di Stasiun Kota Blitar lumayan tinggi. Jumlah penumpang KA lokal di Stasiun Kota Blitar mencapai 1.400 orang per hari. Kalau akhir pekan, jumlah penumpang KA lokal bisa naik sampai 2.000 orang.

Sedangkan jumlah antrean pembeli tiket KA lokal di loket Stasiun Kota Blitar rata-rata mencapai 300 orang per hari. Ada dua KA lokal di Stasiun Kota Blitar. Yaitu KA Penataran dan KA Dhoho. Kedua KA itu sama-sama rute Blitar-Surabaya. Hanya saja KA Penataran dari Blitar ke Surabaya lewat Malang, sedangkan KA Dhoho dari Blitar ke Surabaya lewat Kertosono.

"Kami hanya punya tiga loket, masing-masing untuk pembelian tiket KA jarak jauh, tiket KA lokal, dan tiket go show. Kalau akhir pekan sering terjadi antrean panjang pembelian tiket di loket. Dengan sistem baru ini, semoga tidak terjadi lagi antrean pembelian tiket," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved