Kabar Jombang

VIDEO - Ribuan Orang Berebut Gunungan 2.019 Durian di Wonosalam, Jombang

BASIS DURIAN DI JOMBANG - Desa Carangwulung, Galengdowo, Jarak, Panglungan, Sambirejo, Sumberjo, Wonokerto, Wonomerto, dan Desa Wonosalam.

SURYAMALANG.COM, JOMBANG - Ribuan warga rela berdesakan untuk berebut gunungan raksasa yang terbentuk dari 2.019 buah durian di lapangan Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Minggu (3/3/2019).

Beberapa warga sempat tergores tangannya saat berusaha meraih si kulit berduri itu. Tapi berbeda dengan tahun lalu yang membawa korban luka dan pingsan, kali ini relatif aman.

Tak sampai satu jam, sebanyak 2019 durian itu pun sudah ludes diboyong ribuan warga. Mereka tak hanya datang dari Kabupaten Jombang saja, melain banyak juga dari daerah sekitarnya.

Hadir dalam acara itu Kepala Dinas Provinsi Jatim Karyadi mewakili Gubernu Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Wabup Sumrambah, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jombang, serta para anggota DPRD Jombang.

Sejak pagi ribuan pengunjung memadati lapangan Desa Wonosalam. Mereka mengerubungi sebuah gunungan raksasa yang tersusun dari ribuan buah durian di tengah lapangan.

Menjelang tengah hari, sebanyak 9 tumpeng lain, dalam ukuran lebih kecil, tersusun dari puluhan durian dan berbagai buah-buahan asli Wonosalam, diarak warga menuju ke lapangan. Masing-masing tumpeng dikawal atraksi kesenian jaranan.

Bupati Jombang Mundjidah mengatakan, acara ini merupakan bentuk sedekah dari warga sembilan desa yang ada di Kecamatan Wonosalam, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, karena dilimpahi panen hasil bumi, dan buah durian yang melimpah.

"Dan Kenduri Durian ini merupakan sudah yang ketujuh digelar, dan akan terus kami gelar secara rutin. Sebab selain sebagai bentuk rasa syukur, juga menjadi daya tarik wisata di Wonosalam," kata Mundjidah.

Wabup Sumrambah menyambung, Pemkab Jombang menyediakan dana Rp 20 miliar untuk penanganan dan pengembangan pariwisata di Kecamatan Wonosalam.

"Tahun ini kami anggarkan Rp 20 miliar untuk penataan wisata di Kecamatan Wonosalam," kata Sumrambah. Namun Sumrambah tidak merinci sasaran penataannya di sektor apa saja.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved