Kabar Trenggalek

Bencana Menimpa 10 Kecamatan, Plt Bupati Trenggalek Siap Mengeluarkan Surat Status Bencana

Pemkab Trenggalek masih mendata desa-desa yang terdampak, baik yang dilanda banjir maupun tanah longsor.

Bencana Menimpa 10 Kecamatan, Plt Bupati Trenggalek Siap Mengeluarkan Surat Status Bencana
suryamalang.com/David Yohanes
Warga Kota Trenggalek mulai membersihkan rumah mereka, setelah banjir surut. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Bencana akibat hujan deras di Kabupaten Trenggalek, Rabu (6/3/2019) meluas di 10 kecamatan. Pemkab Trenggalek masih mendata desa-desa yang terdampak, baik yang dilanda banjir maupun tanah longsor.

Plt Bupati Trenggalek, M Nur Arifin mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan surat status bencana yang ditujukan ke Pemprov Jawa Timur.

"Dengan status bencana kami bisa mendapatkan bantuan. Seperti infrastruktur yang rusak, atau petani yang lahannya rusak," kata Gus Ipin, panggilan akrabnya, Kamis (7/3/2019).

Ke depan, Gus Ipin sangat berharap pada keberadaan bendungan Tugu yang hampir selesai dibangun. Bendungan tersebut akan mengurangi debet air dari wilayah pegunungan, sehingga tidak terkumpul seluruhnya di wilayah kota Trenggalek yang datar.

Selain itu, Gus Ipin juga menjajaki untuk membangun sejumlah penampungan air untuk menampung debet air hujan.

"Sehingga debet air yang mengalir bisa dikurangi. Saat musim kemarau air ini bisa diolah menjadi air baku," sambung Gus Ipin.

Selain itu, imbuh Gus Ipin, kedepan Kabupaten Trenggalek harus membuat infrastruktur pengairan yang handal. Sebab banjir di wilayah Trenggalek datang secara periodik, baik dua tahun sekalo atau tiga tahun sekali.

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved