Kabar Jombang

Warga Keluhkan Jalur Ring Road Mojoagung Jombang Jadi Area Parkir Liar Truk Barang

Puluhan truk angkutan barang parkir baik di sisi kiri dan kanan jalan. Bahkan di kiri jalan truk muatan barang terparkir hingga dua lajur.

Warga Keluhkan Jalur Ring Road Mojoagung Jombang Jadi Area Parkir Liar Truk Barang
suryamalang.com/Sutono
Deretan truk gandeng dan kontainer angkutan barang dipakir di Ring Road Mojoagung Jombang. 

SURYAMALANG.COM, JOMBANG - Ruas jalan lingkar (ring road) Mojoagung menjadi area parkir liar bagi truk dan kendaraan besar, terutama angkutan barang. Padahal di sepanjang jalur tersebut terdapat rambu larangan parkir.

Jalur yang dijadikan tempat parkir itu ada di pintu masuk atau ujung ring road bagian timur, tepatnya yang di Desa Dukuhdimoro Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang.

Puluhan kendaraan angkutan barang nampak terparkir, baik di sisi kiri dan kanan jalan. Bahkan di kiri jalan nampak truk muatan barang terparkir hingga dua lajur.

Kondisi ini tentu sangat membahayakan karena jalur Ringroad Mojoagung sepanjang sekitar 5,4 kilometer telah difungsikan sejak Desember 2018 silam, dan kini mulai ramai dilalui berbagai kendaraan.

Ahmad Suwadi (35) warga dekat lokasi ringroad mengatakan, setiap hari banyak sekali angkutan barang yang terparkir di tempat tersebut. Terutama saat hari libur atau sore menjelang malam.

“Sopir yang parkir di sini biasanya menunggu pagi atau malam hari guna melanjutkan perjalanan. Tetapi ada juga yang kendaraannya ditinggal, dan beberapa hari kemudian diambil,”ujarnya kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (7/3/2019).

Ia berharap aparat berwenang menertibkan kendaraan tersebut, mengingat ringroad Mojoagung sudah difungsikan dan banyuak kendaraan yang melintas. "Membahayakan karena jalan jadi sempit dan rawan kecelakaan. Saya kira petugas harus segera bertindak sebelum ada yang celaka," kata Ahmad Suwadi.

Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli Satlantas Polres Jombang, Iptu Mulyani mengatakan, saat ini unitnya sedang melakukan pendekatan kepada sopir armada yang terpakir di jalur ringroad Mojoagung.

“Langkah awal, kami beri peringatan untuk tidak parkir di kawasan ringroad. Jika tetap membandel, maka akan ditindak tegas, dengan cara diberi tilang (bukti pelanggaran), untuk selanjutnya disidang di pengadilan,” tegasnya.

Jalur ring road Mojoagung sendiri sepanjang 5,4 Kilometer menghubungkan Kecamatan Mojoagung dengan perbatasan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Jalur tersebut melintasi sejumlah desa di Kecamatan Mojoagung dan Sumobito Jombang. Jalur masuk Ringroad Mojoagung sebelah barat tepat berada di depan pabrik pakan ternak Cheil Jedang (CJ) Feed Jombang.

Sedangkan pintu keluar ringroad berada beberapa meter sebelum masuk Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tepatnya di Desa Dukuhdimoro Kecamatan Mojoagung, Jombang.

Penulis: Sutono
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved