Kista Cokelat di Rahim Bisa Jadi Sebab Tak Kunjung Hamil

Usia pernikahan sudah tahunan, tapi tak kunjung hamil kadang membuat pasangan suami istri khawatir.

Kista Cokelat di Rahim Bisa Jadi Sebab Tak Kunjung Hamil
pipit maulidiya
Dokter Relly Yanuari Primariawan, SpOG(K) (tengah) bersama dr. Hari Nugroho, SpOG, dan dr. Henky Mohammad M., SpOG 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Usia pernikahan sudah tahunan, tapi tak kunjung hamil kadang membuat pasangan suami istri khawatir.

Dokter Henky Mohammad, spesialis kebidanan dan kandungan dari GMITS (Gynecologic Mynimal Infasive Treatment Surabaya) mengatakan, pasangan sebaiknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan untuk menghilangkan kekhawatiran.

Dokter Henky melanjutkan ada beberapa faktor kemandulan (tak kunjung hamil), salah satunya bisa dikarenakan pasangan wanita yang terkena endometriosis atau dalam bahasa medis kista cokelat.

Kista cokelat merupakan benjolan jinak yang umumnya terjadi di dalam rahim dan bersifat kronis progresif. Artinya jika dibiarkan akan terus bertumbuh seiring berjalan waktu.

Penyakit ini hanya terjadi para perempuan karena dipicu oleh kelainan genetik berupa ketidakstabilan hormon estrogen.

"70 persen pasien yang menderita kemandulan biasanya memiliki penyakit ini di rahimnya," katanya, Senin (11/3/2019).

Endometriosis yang memicu kemandulan terjadi ketika sudah mulai menyerang indung telur dan saluran telur, sehingga menggnggu kesuburan.

"Indung telur kan pabrik kalau dia ada kista, dia tidak bisa menghasilkan sel telur dengan baik. Kalau menyerang saluran telur, dia menyebabkan kebuntuan atau perlengketan, jadi bisa menghalangi pertemuan telur dan sel sperma," terangnya.

90 persen keluhan endometrosis lanjut dokter Henky adalah nyeri haid. Meski sebagian kecil ada juga pasien yang tidak merasakan nyeri sama sekali.

Nyeri biasanya terjadi begitu hebatnya meski sudah minum obat pereda nyeri haid. Apalagi terjadi sebelum, selama dan sesudah haid, maka hal ini perlu diwaspadai.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved