Kota Batu

PUM Belanda Cari Bibit Pelaku Usaha Di Kota Batu

Sebuah usaha itu dilihat dari keberhasilan yang sudah berjalan puluhan tahun. Tidak peduli jenis usaha yang dikelola.

PUM Belanda Cari Bibit Pelaku Usaha Di Kota Batu
suryamalang.com/Sany Eka Putri
Arend Knol, volunteer PUM Belanda memberikan pemahaman tentang UMKM di PLUT Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Programma Uitzending Managers (PUM) Belanda mencari bibit pelaku usaha di Kota Batu. Pelaku usaha ini tidak ada batasan dari jenis usaha seperti apa, asalkan usaha tersebut bisa mandiri dan sudah memproduksi beberapa produk usahanya.

Arend Knol, volunteer PUM Belanda mengatakan, sebuah usaha itu dilihat dari keberhasilan yang sudah berjalan puluhan tahun. Tidak peduli jenis usaha yang dikelola, karena jenis usaha apapun jika dikelola dengan baik pasti akan berhasil.

"Saya berikan pengertian tentang pengusaha. Apa yang diperhatikan, agar usaha itu bisa berjalan. Bisa sukses kemudian kalian bisa merayakannya," kata dia saat memberikan pelatihan kepada perwakilan daerah se Jatim, di Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT), Rabu (13/3).

Ia juga menambahkan, dalam menjalankan sebuah usaha tujuan utama adalah sukses. Sukses yang dimaksud ini adalah usaha itu tetap berjalan walau sudah puluhan tahun. Nantinya ia melihat dan memahami seperti apa usaha yang ada di Kota Batu.

Abdul Kadir Damanik, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menambahkan, hal ini dilakukan dengan karena PLUT Kota Batu bekerjasama dengan PUM sejak 2017. Tapi nantinya pelaku usaha ini tidak mendapatkan bantuan. Mereka tetap berusaha secara mandiri untuk mengembangkan usahanya.

"Ini juga pertama kali ke kota Batu. Apalagi kota Batu memiliki PLUT yang menampung pelaku usaha UMKM. Hasilnya nanti belum tahu seperti apa nanti," kata Abdul.

Nantinya pelaku usaha pasti akan diberikan bimbingan dan pendamping. Namun dikatakannya, pelaku usaha ini harus memiliki pengalaman. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved