Perhiasan Tembaga Memang tidak Berkarat tapi Cepat Berubah Warna, Begini Cara Tepat Merawatnya

Perajin seni tembaga, Adek Ariany Permatasari, menilai, bandul kalung adalah bagian kalung yang biasanya mudah mencuri perhatian.

Perhiasan Tembaga Memang tidak Berkarat tapi Cepat Berubah Warna, Begini Cara Tepat Merawatnya
Hefty's Suud
Keseruan belajar membuat bandul kalung dari lilitan kawat tembaga di Orasis Art Galerlery, Jalan HR Muhammad, Surabaya, Sabtu (16/3/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Perajin seni tembaga, Adek Ariany Permatasari, menilai, bandul kalung adalah bagian kalung yang biasanya mudah mencuri perhatian.

"Pertama kali yang buat saya tertarik adalah bentuknya unik ya, lalu saya coba bikin, saya tekuni sampai sekarang. Menariknya lagi, ini tidak berkarat," ujar Adek ditemui saat mengisi workshop silhouette wire netting di Orasis Art Gallery, Surabaya, Sabtu (16/3/2019).

Kendati tidak berkarat, imbuhnya, bandul kalung yang terbuat dari lilitan tembaga itu dapat berubah warna menjadi kehitaman apabila tidak dirawat dengan semestinya.

Dijelaskan Adek, apabila tidak ingin bandul tersebut menjadi kehitaman, saat mengenakan atau menyimpannya, harus dihindarkan dari alkohol.

Selain itu, simpan bandul berbahan kawat tembaga di dalam kantung plastik berperekat. Cara tersebut selain membuat warnanya tidak cepat menghitam, juga menjaga bandul dari terkena goresan.

"Kalau kita nyimpannya sembarangan, kan tidak menutup kemungkinan tergores benda lain. Nah nanti otomatis akan ada tekstur sayatan-sayatan di bandulnya," ujar Adek.

Imbuhnya, untuk memastika bandul kawat tembaga itu benar-benar awet bentuk dan warnanya, sebaiknya gunakan satu kantung plastik berperekat untuk satu bandul saja. Hefty's Suud

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved