Kabar Pamekasan

Tari Sekar Jagat Mulai Populer di Pamekasan untuk Menyambut Para Tamu

Tari Sekar Jagat kerap kali ditampilkan di setiap acara yang digelar oleh beberapa instansi di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura.

Tari Sekar Jagat Mulai Populer di Pamekasan untuk Menyambut Para Tamu
Kuswanto Ferdian
Para penari dari Sanggar Malate Pote yang membawakan tari Sekar Jagat di area Taman Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Madura, Jumat (15/3/2019). 

SURYAMALANG.COM, PAMEKASAN - Tari Sekar Jagat kerap kali ditampilkan di setiap acara yang digelar oleh beberapa instansi di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura.

Tarian ini juga mulai mulai digemari masyarakat Pamekasan.

Penggagas dan koreografer tari ini merupakan pelatih tari dari sanggar 'Malate Pote', Rika.

"Tarian penyambutan ini menggambarkan kegembiraan para penari dalam menyambut para tamu yang hadir. Kegembiraan ini diungkapkan melalui keindahan gerak," ujar Rika, Jumat (15/3/2019).

Tarian ini, kata Rika, merupakan garapan grup tarinya dari 'Sanggar Malate Pote' yang ditarikan sejumlah penari putri (biasanya antara 5 sampai 7 orang) yang masing-masing membawa sebuah canangsari.

Rika melanjutkan, Tari Sekar Jagat berasal dari dua suku kata yaitu dari kata 'Sekar' berarti bunga yang harum dan 'Jagat' adalah dunia.

"Tari ini bisa berarti pula tarian bunga di taman yang harum di seluruh dunia. Tarian ini menggambarkan damainya dunia dengan semerbak kembang-kembang yang menghiasinya," papar Rika. 

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved