Kabar Jombang

Pria dari Tuban Bikin Pabrik Arak Khas Tuban tapi Lokasinya di Jombang

Polres Jombang menggerebek home industry (industri rumahan) yang memproduksi minuman keras (miras) jenis arak di Dusun Gedangkeret Desa Banjardowo

Pria dari Tuban Bikin Pabrik Arak Khas Tuban tapi Lokasinya di Jombang
Sutono
PRODUSEN MIRAS - Lamsiyo (48), warga Desa/Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dan Mulyadi (32), warga Dusun Gedangkeret, Jombang. 

SURYAMALANG.COM, JOMBANG - Petugas Polres Jombang menggerebek home industry (industri rumahan) yang memproduksi minuman keras (miras) jenis arak di Dusun Gedangkeret Desa Banjardowo Kecamatan Jombang, Senin sore (18/3/2019).

Dalam penggerebekan itu, petugas membekuk dua tersangka berikut sejumlah barang bukti.

Dua pelaku masing-masing Lamsiyo (48), warga Desa/Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dan Mulyadi (32), warga Dusun Gedangkeret.

Saat digerebek, keduanya sedang memproses gula aren dijadikan arak khas Tuban.

Sebagai pemroses atau ahli meracik adalah Lamsiyo. Sedangkan Mulyadi sebagai pembantu.

Polisi yang datang secara tiba-tiba membuat keduanya tak berkutik. Keduanya hanya bisa pasrah ketika digelandang petugas.

Dalam penggerebekan itu, petugas juga menyita enam drum berisi gula aren yang sudah dicampur air sumur.

Menurut polisi, cairan itulah yang hendak disuling untuk dijadikan arak. Selain itu, petugas juga menyita peralatan penyulingan miras, tabung elpiji unutuk pembakaran, serta ratusan botol kosong yang digunakan wadah arak.

Selain itu, petugas juga menyita arak siap edar yang dikemas dalam botol plastik bekas wadah air mineral berukuran 1,5 liter.

"Sehari, home industry ini bisa memproduksi 98 botol arak. Satu kardus berisi 12 botol dijual seharga Rp 300.000," ujar Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu di lokasi penggerebekan.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved