Malang Raya

Terlalu Banyak Jalan Rusak di Kota Malang, Begini Reaksi Wali Kota Sutiaji

WALUI KOTA MALANG MINTA MAAF - Kualitas aspal di beberapa jalan di Kota Malang kurang bagus. Kata dia, ada jalan yang baru 1,5 tahun sudah rusak.

Terlalu Banyak Jalan Rusak di Kota Malang, Begini Reaksi Wali Kota Sutiaji
humas
Wali Kota Malang, Sutiaji (memakai helm dan jaket cokelat) saat inspeksi jalan rusak di kawasan Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Wali Kota Malang Sutiaji meminta maaf terkait banyaknya jalan berlubang di wilayahnya.

Beberapa waktu lalu, permasalahan jalan berlubang di Kota Malang sempat menjadi perhatian publik. Bahkan ada seorang wanita menjadi korban kecelakaan dan meninggal dunia di Kecamatan Lowokwaru akibat menghindari jalan berlubang.

"Saya meminta maaf jika banyak jalan berlubang," kata Sutiaji, Senin (18/3/2019).

PENTING DIBACA - Dana Perbaikan Jalan Rusak Cuma Rp 1,5 Miliar, Untuk Mobil Dinas DPRD Kota Malang Rp 5,8 Miliar

Ia beralasan ada banyak kendala untuk mengatasi masalah jalan berlubang di Kota Malang. Salah satunya, adalah aturan yang tidak memperbolehkan perbaikan jalan jika belum waktunya.

"Ada jalan yang memang belum waktunya dibenahi, namun sudah rusak. Kalau dibenahi, jelas terbentur aturan," katanya.

Diakuinya, kualitas aspal di beberapa jalan di Kota Malang kurang bagus. Kata dia, ada jalan yang baru berusia 1,5 tahun telah rusak padahal seharusnya setelah 3 tahun bisa diperbaiki.

"Jika seperti ini kami tidak bisa perbaiki," ucapnya.

Sutiaji menambahkan perbaikan jalan berlubang juga terkendala lelang. Di Jalan Panggung misalkan, dana telah dianggarkan namun proses lelang belum rampung. "Mau tidak mau saat ini tidak bisa dilakukan perbaikan," ucap dia.

Selain itu, kendala lain adalah jalan yang statusnya merupakan Jalan Nasional dan Jalan Provinsi, "Perlu koordinasi jika mau memperbaiki itu," ucapnya.

Seorang warga, Fisca Tanjung, mengeluhkan jalan berlubang di Jalan Ir Rais, Kota Malang. Saat berkendala di malam hari, wanita yang akrab disapa Fisca ini terperosok hingga knalpot motornya bocor karena terkena aspal.

"Saat itu sedang gerimis. Banyak jalan berlubang memang di situ. Jalan berlubang yang membuat knalpot saya bocor tidak terkena penerangan," katanya.

Pantauan sehari-hari, sejumlah ruas jalan di Kota Malang mengalami kerusakan cukup parah. Di Jalan Ir Rais, jalan berlubang menyebar sepanjang jalan. Aminatus Sofya 

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved