Nasi Bakar Yana Taste Laris di Surabaya, Ternyata Ini Resep dan Cara Memasaknya

Nur Yana Rahmayanti adalah perempuan asal Surabaya di balik nasi bakar Yana Taste.

Nasi Bakar Yana Taste Laris di Surabaya, Ternyata Ini Resep dan Cara Memasaknya
ist
Nur Yana Rahmayanti adalah perempuan asal Surabaya di balik nasi bakar Yana Taste. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sejak 2013 lalu, Yana Taste sudah mulai berjualan nasi bakar yang khas dengan bumbu pedasnya. Nur Yana Rahmayanti adalah perempuan asal Surabaya di balik nasi bakar Yana Taste.

Menurut Yana, nasi bakarnya terbilang cukup laris. Setiap hari, sekitar 20 nasi bakar yang dijajakannya melalui aplikasi Go Food, Grab Food, dan orederan via WhatsApp selalu ludes terjual.

"Saya buka orderan mulai pukul 09.00 sampai 13.00 setiap hari. Minimal saya buat 10, maksimal 20. Tapi biasanya 20 juga habis sehari," ungkapnya.

Namun, Yana pun memiliki bumbu nasi bakar praktis khas Yana Taste. Bumbu tersebut dihadirkan Yana supaya siapapun bisa menikmati nasi bakar khas Yana Taste kapanpun, semaunya.

Dipaparkan Yana, bumbu itu terdiri dari varian Balado Merah, Balado Hijau, dan Jamur. Cara membuat nasi bakar di rumah dengan bumbu tersebut, menurutnya sangatlah mudah.

Pertama pilih bumbu dan lauk yang akan dimasak sesuai selera. Bumbu Balado Merah, disebut Yana sebagai varian yang paling digemari.

"Caranya, oseng saja bumbu dan lauknya bersamaan. Kalau suka pakai ayam, saya sarankan direbus terlebih dulu suwiran ayamnya sebelum dioseng," tutur Yana.

Selesainya dioseng, lanjutnya, siapkan daun atau aluminium voil. Setelah itu, tata nasi di atas daun pisang atau aluminium voil, tambahkan lauk yang telah dioseng dengan bumbu, lalu gulung dan bakar di atas api kecil.

"Sebaiknya menggunakan daun pisang, untuk menambah aroma," tukas Yana.

Namun, apabila tak ingin menggulung nasi dan membakarnya pun, menurut Yana tak apa. Menyajikan lauk yang telah dioseng dengan bumbu tersebut dan menyantapnya seperti biasa pun tidak masalah.

"Costumer bumbu paling banyak daei Jakarta, paling jauh ada dari Pontianak. Tapi, orang kadang beli ada yang dipakai buat nasi goreng. Saya heran, tapi kata mereka enak, ya saya nggak papa saja," ujarnya sambil tertawa.

Bumbu tersebut, dijualnya dengan harga Rp 27 ribu per varian. Bumbunya dikemas dalam wadah kaca, setiap varian memiliki berat bersih 200 gr. Jumlah tersebut, menurut Yana dapat digunakan untuk satu kilogram lauk (ayam, daging, ikan). Hefty's Suud

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved