Malang Raya

Wali Kota Malang Sutiaji Wawancarai Tiga Calon Direktur Utama PDAM

Para calon direktur utama PDAM Kota Malang menjalani tes tahapan terakhir di Balai Kota Malang, Kamis (21/3/2019).

Wali Kota Malang Sutiaji Wawancarai Tiga Calon Direktur Utama PDAM
TribunJatim/Aminatus Sofya
Mobil tangki air yang disediakan oleh PDAM Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Para calon direktur utama PDAM Kota Malang menjalani tes tahapan terakhir di Balai Kota Malang, Kamis (21/3/2019). Dalam tes tahap akhir ini, para kandidat langsung diwawancarai Wali Kota Malang, Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, dalam wawancara dengan dirinya, ia ingin melihat sosok dirut yang bisa menjadi pemimpin. Oleh sebab itu, ia mengajukan pertanyaan yang arahnya menunjukkan sikap kepemimpinan.

“Jadi begini, yang namanya Direksi lebih banyak sebagai leader, bukan manajerial,” ujar Sutiaji, Kamis (21/3/2019).

Sutiaji juga mempertimbangkan rekomendasi tim pansel dalam menentukan pilihan akhir nanti. Sutiaji menegaskan, pilihannya nanti sesuai dengan kebutuhan yang berbasis kompetensi.

“Kalau tidak cocok ya tidak usah. Tapi pansel, saya tidak mau dholim. Semua sudah berbasis kompetensi,” katanya.

Sutiaji juga menanyakan sejumlah pertanyaan pilihan. Ia ingin kejeliaan para peserta. Dari pertanyaan yang disampaikan, Sutiaji mengatakan ada beberapa yang terjebak.

“Sama seperti dewan pengawas. Misal memilih tenang atau nyaman, menasihati atau mengkritisi. Gaji tinggi atau jabatan tinggi. Pertanyaan yang tiga itu poinnya sebenarnya,” katanya.

Sementara pertanyaan lain adalah soal studi kasus. Bagi Sutiaji, seorang pemimpin itu harus bisa menguasai persoalan lapangan.

Nanti, nama-nama yang terpilh sebelum dilantik juga harus membuat lelang kerja yang basisnya adalah studi kasus di lapangan.

“Karena ini direksi. Setelah ini prosesnya, sebelum dilantik harus lelang kinerja,” tegas Sutiaji.

Ketua Tim Pansel Seleksi Direksi PDAM Kota Malang Abdul Malik mengatakan tes wawancara dengan walikota menjadi tahapan terakhir. Selanjutnya pengumuman calon direksi terpilih akan dilakukan pada Senin, 25 Maret 2019.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved