Malang Raya

Pemkab Malang Janjikan Kemudahan bagi Calon Investor di Kawasan Ekonomi Khusus Singosari

Kawasan Ekonomi Singosari (KEK) Siapapun yang mau mengembangkan potensi wisata maupun IT di KEK akan mendapat perlakuan khusus

Pemkab Malang Janjikan Kemudahan bagi Calon Investor di Kawasan Ekonomi Khusus Singosari
Erwin
SAMBUT KAWASAN EKONOMI KHUSUS - Perkampungan di Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN -  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto menyampaikan bahwa keberadaan proyek nasional tmtidak akan menggeser fungsi tata ruang di kawasan sekitarnya. Ini disampaikannya terkait jika Kawasan Ekonomi Singosari (KEK) sudah benar-benar diterapkan.

“Di sektor industri tidak akan ada pergeseran bagi yang sudah ada, namun bagaimana caranya agar sebisa mungkin keperadaan industri ini juga akan menjadi pendukung bagi KEK Singosari,” terang Tomie ketika dikonfirmasi Minggu (24/3/2019).

Jika ada perubahan, Tomie memastikan bahwa penyesuaian tersebut sifatnya justru akan memperkuat keberadaan kawasan industri tersebut.

“Misalnya harus ada penguatan dari segi teknologi, karena KEK Singosari ini nanti bergerak dibidang pariwisata dan IT maka industri yang ada disekitarnya pun juga harus memiliki daya dukung baik dari aspek teknologi maupun SDM (sumber daya manusia),” tutur Tomie.

Kebijakan ini berlaku baik untuk industri yang ada dalam kawasan KEK maupun yang berada disekitarnya.

“Bukan hanya dari aspek industrinya saja bahkan, masyarakat hingga pendidikan anak-anak sekolah di sekitar situ pun sudah ditetapkan sesuai dengan standar SDM yang diperlukan oleh KEK,” sambungnya.

Sementara itu kepada para investor yang datang, Pemkab Malang pun telah mempersiapkan regulasi yang sifatnya memberi keringanan kepada para pengusaha untuk berinvestasi di dalam maupun luar kawasan KEK Singosari.

“Siapapun yang mau mengembangkan potensi wisata maupun IT di KEK akan mendapat perlakuan khusus baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah. Di antaranya seperti insentif atau kemudahan dalam mengurus dokumen kelengkapan, pajak, maupun percepatan perizinan,” urai Tomie.

Dampaknya pun tidak terbatas hanya berlaku di Kecamatan Singosari saja. Melainkan juga dikawasan sekitarnya seperti Lawang dan Karangploso.

“Termasuk kami harapkan dampak dari KEK ini tidak hanya di kabupaten saja, melainkan Malang Raya yakni Kota Malang dan Kota Batu,” ujarnya. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved