Kabar Surabaya

Geryndia Dresthanta Alambana, Finalis Miss Celebrity 2015 Kini Bekerja di Bidang Teknik Industri

Geryndia Dresthanta Alambana (23), Top 5 Miss Global Jawa Timur dan Lulusan Fakultas Teknik Universitas Surabaya.

Geryndia Dresthanta Alambana, Finalis Miss Celebrity 2015 Kini Bekerja di Bidang Teknik Industri
ist
Geryndia Dresthanta Alambana (23), Top 5 Miss Global Jawa Timur dan Lulusan Fakultas Teknik Universitas Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebagai perempuan yang mendalami ilmu di bidang Teknik Industri, Geryndia Dresthanta Alambana (23) kerap jatuh dalam stereotip di mana laki-laki dianggap lebih cocok bekerja di bidang tersebut, dibanding perempuan.

Lulusan Fakultas Teknik Universitas Surabaya ini sudah 'kenyang' mendengar imej-imej yang acapkali disematkan pada perempuan, yang ingin bekerja di sektor teknik.

"Orang-orang itu berpikirnya kalau teknik, pasti laki-laki. Padahal perempuan juga banyak yang merambah dunia teknik. Beruntungnya, di kantor saya menghargai perempuan, jadi tidak dibedakan dengan laki-laki walau sama-sama di bidang teknik. Mereka melihat dari kinerja, performa kami. Selama bagus, pasti dihargai," terang model yang kini bekerja sebagai International Sales Representative Indonesia Market di Tai & Chyun Associates Industries, Inc.

Top 5 Miss Global Jawa Timur itu bercerita, pertemuannya dengan perusahaan teknik yang tak mengunggulkan laki-laki tidak semudah membalik telapak tangan.

Sebelumnya, Geryn, sapaan akrabnya, telah menjalani wawancara kerja di beberapa perusahaan dengan bidang yang sama.

Namun, tidak berakhir dengan baik karena banyak yang masih meremehkan kemampuan perempuan.

"Pernah di sebuah perusahaan itu saya mendaftar di bagian yang berhubungan dengan teknik industri, lalu lolos sampai tahap akhir. Ternyata, perempuan yang lolos hanya saya, sekitar sepuluh lainnya itu laki-laki. Tahap selanjutnya di luar kota, saya bertemu dengan direkturnya," ceritanya.

Tak disangka, direktur perusahaan tersebut justru menanyakan keyakinan alumnus SMA Trimurti ini, karena tempat bekerjanya panas dan banyak laki-lakinya.

"Direktur itu bilang, 'kamu perempuan lho, kamu yakin bisa begini? Ini tempatnya panas lho, ini laki-laki semua lho'. Memangnya kenapa? Saya sudah tahu kerjanya seperti apa, makanya saya mendaftar," tuturnya.

Finalis Miss Celebrity 2015 ini mengakui memang tempat-tempat bekerjanya banyak debu dan kotor, seperti cement plant dan power plant.

Tetapi setelah bekerja selama beberapa bulan, Geryn tak mempermasalahkan itu.

"Saya malah senang karena sering berpergian ke luar pulau. Belajar budaya baru, orang-orang baru, presentasi," ujarnya.

Geryn berharap, agar perempuan lainnya yang ingin terjun di bidang teknik supaya tidak membawa stereotip ke dalam hati.

"Jangan kecil hati juga kalau ada yang membanding-bandingkan dengan laki-laki. Kalau ada, ya berarti tempat kerja itu tidak cocok untukmu. Cari yang lebih menghargai kinerja kita sebagai perempuan, yang sebenarnya tak kalah dari laki-laki," tutupnya.

Penulis: Delya Octovie
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved