Malang Raya

Perbaikan Jalan Longsor 15 Meter Menuju Gunung Bromo Lewat Malang Butuh Rp 600 Juta - Rp 1 Miliar

Bencana tanah longsor di Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Senin (25/3/2019) kemarin, membuat akses jalan menuju Taman Nasiona

Perbaikan Jalan Longsor 15 Meter Menuju Gunung Bromo Lewat Malang Butuh Rp 600 Juta - Rp 1 Miliar
PMI
Bencana tanah longsor di Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Senin (25/3/2019) kemarin, membuat akses jalan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terganggu. 

SURYA, PONCOKUSUMO - Bencana tanah longsor di Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Senin (25/3/2019) kemarin, membuat akses jalan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terganggu.

Pasalnya longsoran tanah menggerus separuh badan jalan sepanjang 15 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang Romdhoni menjelaskan pihaknya masih melakukan kajian untuk menganalisa kondisi jalan yang tergerus longsor.

"Kini masih kami beri garis pengaman saja sambil menunggu hasil kajian tim, kalau ternyata tidak aman ya akan kami carikan solusinya. Yang pasti kami utamakan faktor keamananya," terang Romdoni ketika dikonfirmasi, Selasa (26/3/2019).

Terkait, anggaran yang dibutuhkan, Romdhoni menegaskan masih akan melakukan kajian pula. Ia memperkirakan anggaran yang dibutuhkan berkisar antara Rp 600 juta sampai Rp 1 miliar.

"Maka dari itu kami hitung dulu kebutuhan konstruksinya seperti apa, apakah masuk PAK (perubahan anggaran keuangan) atau menggunakan biaya perawatan yang sudah kami cadangkan," tuturnya.

Sebagai informasi ruas jalan menuju TNBTS tersebut longsor akibat curah hujan tinggi

"Itu pun di sisi yang lain juga terdapat titik yang rawan karena kondisinya sudah retak, ini yang bikin sulit karena secara geografis kemiringannya butuh konstruksi yang kuat untuk dibangun," tukas Romdhoni. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved