Kota Batu

Siswa SMKN 1 Batu Sabet Juara 2 Provinsi Meski Gagal Buat Bolu Ikan

Dua siswa SMKN 1 Kota Batu mendapatkan juara dua dalam Lomba Kreasi Makanan Berbasis Ikan. Lomba ini diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim.

Siswa SMKN 1 Batu Sabet Juara 2 Provinsi Meski Gagal Buat Bolu Ikan
Sany Eka Putri
Alifryan Ferrari dan Fino Sutikno Putra, siswa kelas XI jurusan Jasa Boga SMKN 1 Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Dua siswa SMKN 1 Kota Batu mendapatkan juara dua dalam Lomba Kreasi Makanan Berbasis Ikan. Lomba ini diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim pada 15 Maret 2019. Lomba itu diikuti oleh mahasiswa dan siswa SMK se Jatim.

Alifryan Ferrari dan Fino Sutikno Putra, siswa kelas XI jurusan Jasa Boga ini awalnya berniat membuat makanan bolu.

Tetapi karena saat percobaan gagal dan dirasa sulit, mereka mengganti menu. Yaitu Putu Nila Saos Santan Nangka. Alif mengatakan mereka mengganti menu karena bentuknya lebih mirip jajanan putu ketimbang kue bolu. "Bahannya sama, ada ikannya juga. Tinggal menambahkan hiasan saus santan," kata dia, Rabu (27/3/2019).

Untuk pilihan ikan mereka juga bingung, antara memilih ikan Nila atau ikan Tombro. Mereka memilih ikan Nila karena tidak terlalu amis saat diolah. Saat mereka dalam percobaan memasak rasanya jauh saat lomba. Lebih enak saat lomba, karena bentuk dan warna tidak sama.

"Kesulitannya ya itu tadi jadi pas kami latihan sama pas lomba itu beda. Dari segi warna juga lebih pas saat lomba," ungkapnya.

Cara memasaknya juga sangat mudah, yaitu di kukus. Untuk ikan sebelum diolah direndam air jeruk nipis dan gula merah agar tidak amis. Bentuk dari makanan itu berlapis, bagian atas dan bawah adalah adonan putu yang dipotong bentuk bulat.

Lalu bagian tengah adalah adonan ikan, dan ditumpuk lalu untuk pelengkap disiram saus santan. Fino menambahkan dengan adonan ikan ini ia bisa mengajak teman-temannya agar mau makan ikan.

"Secara tidak langsung kami mengajak kawan-kawan agar gemar makan ikan. Dengan diolah jadi olahan apapun sekreatifnya," kata dia.

Tags
Kota Batu
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved