Kota Batu

Kapolres Batu Ingatkan Netizen, Mengomentari Berita Hoax juga ada Sanksinya

Kapolres Batu mengingatkan, penyebar, yang berkomentar dan pembuat berita hoax ada sanksinya

Kapolres Batu Ingatkan Netizen, Mengomentari Berita Hoax juga ada Sanksinya
Sany Eka Putri
Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Efektif menetralisir berita hoax dalam rangka pemilu 2019, di Singhasari Resort, Jumat (29/3/2019). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Polres Batu mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema efektif menetralisir berita hoax dalam rangka pemilu 2019, Jumat (29/3/2019).

Dalam kegiatan ini diikuti beberapa elemen masyarakat, calon legislatif, dan tidak terkecuali para netizen.

Dalam FGD ini para netizen mengaku kalau mereka pun membutuhkan perlindungan dari pihak yang berwenang.

"Kami juga melakukan kontrol media, tapi kami tetap membutuhkan perlindungan. Karena tidak menutup kemungkinan saat kami berhadapan dengan media sosial, ikutan berkomentar," kata Febrian, salah satu netizen.

Selain itu mereka yang sudah digandeng oleh Polres Batu ini juga ikut melacak situs-situs di media sosial. Terutama yang mengandung dan menyebarkan ujaran kebencian dan SARA.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto menambahkan FGD itu diadakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Pihaknya menginginkan masyarakat kota Batu mampu membedakan berita hoax dan berita yang benar.

"Apalagi ini menjelang pemilu 2019, yang sangat rentan menyebarnya berita hoax. Kami juga berharap kepada teman-teman media cetak, online, televisi, radio mampu memberikan edukasi juga, menyampaikan kepada masyarakat tentang hal ini," kata Budi.

Ia mengingatkan, penyebar, yang berkomentar dan pembuat berita hoax ada sanksinya. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan mampu menahan emosi masyarakat agar tidak ikut-ikutan menyebar dan ikut berkomentar dalam hal negatif.

"Saya yakin warga Batu mampu melakukan ini. Saya berharap warga Batu juga harus bijak menanggapi hal apapun yang berkaitan dengan berita negatif," kata Budi.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved