Citizen Reporter

Mengenal Karakteristik Topeng Cirebon dan Topeng Malang

Bahkan, topeng Panji sudah menjadi ikon budaya beberapa kota di Indonesia. Sebutlah Kota Malang dan Kota Cirebon yang menempatkan Topeng Panji sebagai

Mengenal Karakteristik Topeng Cirebon dan Topeng Malang
adi h
TOPENG MALANG - Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Membincangkan Topeng Panji tak akan pernah ada matinya. Panji seolah melakukan inkarnasi dari generasi ke generasi. Menelusuri jejak sejarah dan membedah Panji sebagai karya seni selalu memunculkan inspirasi. Panji sebagai budaya orang Jawa mampu membangkitkan jiwa, serta mampu membangun karakter manusia.

Bahkan, topeng Panji sudah menjadi ikon budaya beberapa kota di Indonesia. Sebutlah Kota Malang dan Kota Cirebon yang menempatkan Topeng Panji sebagai kesenian khas dan budaya daerahnya.

Budayawan topeng Malang Yudhit Perdananto menjelaskan karakteristik antara Topeng Malang dengan Topeng Cirebon. Menurut Yudhit, topeng Cirebon terdiri dari Topeng Panca Wanda yakni, pertama, Panji, yang digambarkan berwajah putih bersih melambangkan kesucian bayi yang baru lahir. Kedua, Samba (Pamindo).

Topeng anak-anak yang berwajah ceria, lucu, dan lincah. Ketiga, Rumyang yang digambarkan berwajah seorang remaja.

“Keempat, Patih (Tumenggung). Topeng ini menggambarkan orang dewasa yang berwajah tegas, berkepribadian, serta bertanggung jawab. Kelima, Kelana (Rahwana). Topeng yang menggambarkan seseorang yang sedang marah,” kata Yudhit dalam Sarasehan Kampung Budaya Polowijen bersama Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon di Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat (29/3/2019).

Yudhit yang juga kolektor topeng Malang menjelaskan karakteristik Topeng Malang. Pertama, tokoh protagonis (tokoh baik) seperti tokoh-tokoh Panji. Kedua, tokoh antagonis (tokoh jahat) seperti tokoh-tokoh Sabrang. Ketiga, tokoh lucu (abdi dalem) antara lain: Potrojoyo, Demang, dan Emban. Dan keempat, tokoh binatang seperti, celeng srenggi, nogo tahun, lembu gumarang.

“Dalam gebyak wayang topeng semalam suntuk semua tokoh tersebut akan muncul sesuai alur dan lakon yang dimainkan,” imbuhnya. ADI H

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved