Kabar Jakarta

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Rp 14.158 Per Dollar AS

Rupiah pagi ini memimpin penguatan sejumlah mata uang Asia terhadap dollar AS. Menyusul rupiah, peso menguat 0,13 persen terhadap the greenback.

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Rp 14.158 Per Dollar AS
Tribunnews.com
Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah kembali menguat jelang akhir pekan ini. Jumat (5/4), di Jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor) menguat 0,17 persen ke level Rp 14.158 per dollar Amerika Serikat (AS) dari posisi kemarin.

Di pasar spot pada pukul 10.08 WIB, kurs rupiah pun berada di level Rp 14.158 per dollar AS, menguat 0,18 persen dari posisi kemarin pada Rp 14.183 per dollar AS. Mata uang rupiahpun diperkirakan akan melanjutkan penguatannya hingga akhir perdagangan nanti.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail mengatakan, indeks dollar AS diprediksi menguat di kisaran 97,00-97,50. Dollar AS juga berpotensi menguat terhadap hampir seluruh mata uang utama dunia, terutama euro. Hal ini didorong oleh pelemahan data ekonomi Jerman yang menyebabkan pelemahan euro terhadap the greenback. Tercatat data factory orders Jerman turun menjadi -4,2 persen (mom) di bulan Februari dibandingkan Januari sebesar -2,1 persen (mom).

"Penurunan tersebut semakin mendorong kekhawatiran investor akan prospek ekonomi zona Eropa," tulis Mikail dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id.

Sementara itu, data tenaga kerja di AS mengalami penguatan. Ini terbukti dari data klaim pengangguran di AS yang turun menjadi 202.000 di minggu keempat Maret dari sebelumnya sebesar 212.000.

Membaiknya data tersebut setidaknya dapat mengurangi kekhawatiran para pelaku pasar terhadap ancaman perlambatan ekonomi AS. Sentimen ini pun dapat dimanfaatkan oleh rupiah mengingat meredanya isu resesi ekonomi AS berpotensi mendorong capital inflow ke pasar saham dan obligasi domestik.

Indeks dollar pagi ini melemah tipis ke 97,29 dari posisi kemarin pada 97,31. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini berada diatas 97 dalam tujuh hari perdagangan terakhir.

Rupiah pagi ini memimpin penguatan sejumlah mata uang Asia terhadap dollar AS. Menyusul rupiah, peso menguat 0,13 persen terhadap the greenback. Selain kedua mata uang, penguatan juga terjadi pada yuan offshore, ringgit, won, dollar Singapura dan dollar Taiwan.

Dengan demikian, Mikail memperkirakan rupiah akan menguat ke level Rp 14.100 - Rp 14.150 per dollar AS.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved