Kota Batu

Khofifah Indar Parawansa Resmikan Kampung Hijau di Kota Batu, Jadi Contoh Daerah Lain

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Kampung Hijau di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Kampung Hijau di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sabtu (6/4/2019).

Kampung Hijau ini merupakan kerja sama apik yang dibangun antara pemerintah desa (Pemdes) Beji, Universitas Muhammadiyah Malang, dan perusahaan cat PT Intidayaguna Aneka Warna.

“Ini akan menjadi referensi. Kebetulan salah satunya dulu saya berkesempatan menginisiasi untuk desa mandiri yang kampung kepeng menjadi wisata topeng.”

“Kemudian kami mendapat referensi yang luar biasa,” ujar Khofifah kepada SURYAMALANG.COM.

Menurut Khofifah, kerja sama dunia usaha/dunia industri dengan perguruan tinggi bisa seperti yang terbangun di Malang bisa direplika di tempat lain.

Sebelumnya, UMM dan PT Indana juga berhasil menyulap Kampung Jodipan di Kota Malang menjadi Kampung Warna-warni yang kini jadi salah satu destinasi wisata.

“Jodipan itu sesuatu sekali. Kerja sama itu menjadi referensi bagi kami supaya partnership demikian bisa dilakukan di tempat lain,” ucap dia.

Ketua Muslimat NU itu menambahkan setelah membangun kampung, hal lain yang tidak boleh dilepaskan adalah pendampingan.

Sebab, membangun kampung berarti membangun peradaban yang harus selaras dengan memperbaiki kualitas ekonomi, sosial dan budaya.

“Jadi tidak sekedar menyiapkan kampung dengan warna tertentu tapi bahwa ekonominya dibangun, sosialnya dibangun dan peradabannya dibangun.”

Halaman
12
Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved