Kabar Jakarta

Bulog Maksimalkan Penyerapan Gabah Memasuki Musim Panen Tahun 2019

Bulog akan memaksimalkan serapan gabah untuk persediaan selama tahun 2019 memasuki musim panen raya.

Bulog Maksimalkan Penyerapan Gabah Memasuki Musim Panen Tahun 2019
suryamalang.com/Sutono
Petani di Jombang memanen padi lebih awal, karena terus diguyur hujan yang memerosotkan kualitas padi, yang ujungnya membuat harga gabah anjlok. 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Bulog akan memaksimalkan serapan gabah untuk persediaan selama tahun 2019 memasuki musim panen raya. Setidaknya padsa awal tahun ini, serapan beras petani oleh Bulog sebanyak 140.000 ton year to date (ytd).

Jumlah serapan itu masih terbilang lebih rendah dibandingkan tahun lalu. "Serapan beras rendah karena faktor cuaca dan iklim," kata Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Bulog Firmansyah, Rabu (10/4).

Meski realisasi serapan beras di awal tahun rendah, Bulog optimistis serapan beras dapat meningkat hingga akhir tahun.

Firmansyah mengatakan, untuk meningkatkan serapan beras di bulan April dan Mei atau saat panen raya, Bulog akan melakukan beberapa langkah.

Pertama, Bulog akan mengoptimalkan upaya yang telah dilakukan selama ini yakni turun langsung ke lapangan, koordinasi dengan tim serap gabah (sergab) dan dinas terkait.

"Bila ada informasi harga anjlok kami langsung turun menjemput bola," ucap dia.

Kedua, Bulog bekerjasama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) agar penyerapan gabah meningkat.

Ketiga, Bulog juga akan memaksimalkan peran satuan kerja divisi regional dan sub divisi regional agar penyerapan gabah maksimal.

Terkait harga, kata Firmansyah, Bulog menyerap hasil panen dari petani dengan mengacu pada ketentuan dalam Inpres Nomor 5 tahun 2015 ditambah fleksibilitas 10 persen. "Selama kualitas dan harga masuk di HPP, Insya Allah tidak ada kendala," kata dia.

Bulog menargetkan realisasi serapan beras tahun 2019 meningkat sebesar 24,5 persen dari realisasi beras pada 2018 sebanyak 1.448.584 ton menjadi 1.800.000 ton. "Target 1,8 juta ton, optimistis bisa tercapai," tutur Firmansyah.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved