Kota Batu

Hemat Kertas, Ini Inovasi Pemkot Batu untuk Pelaporan Anggaran Desa

Pemkot Batu memberikan kemudahan bagi perangkat desa untuk pelaporan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Hemat Kertas, Ini Inovasi Pemkot Batu untuk Pelaporan Anggaran Desa
Sany Eka Putri
Kabid Jaringan Infrastruktur TIK dan Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu, Adiek Iman Santoso didampingi Kabid Pemberdayaan, menjelaskan Siskeudes online, Kamis (11/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Pemkot Batu memberikan kemudahan bagi perangkat desa untuk pelaporan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Selama ini setiap desa masih menggunakan kertas untuk pelaporan, sekarang sudah tidak perlu lagi. Kini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu membuat aplikasi Softline VPN Siskeudes Online.

Kabid Jaringan Infrastruktur TIK dan Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu, Adiek Iman Santoso mengatakan aplikasi real time ini berawal dari inisiatif Diskominfo.

"Kami dari Diskominfo juga membantu dinas-dinas yang membutuhkan aplikasi. Nah dengan ini kami membantu menjembatani agar memudahkan perangkat desa saat pelaporan dana desa," kata Adiek, Kamis (11/4/2019).

Nantinya perangkat desa ini tidak perlu lagi mencetak kertas untuk pelaporan. Tinggal memasukkan data sesuai format Siskeudes, lalu data tersebut sudah bisa diterima oleh dinas terkait. Selama ini dari dinas masih mencetak kertas, lalu diserahkan ke kecamatan, dan dinas untuk pelaporan.

"Ini tidak perlu lagi seperti itu. Sudah praktis, mau mengajukan penggunaan dana, atau pelaporan penggunaan dana bisa online," imbuhnya.

Kepala Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo Andi Faizal Hasan mengatakan di mana pun masih diperlukan yang namanya manual. Karena untuk meminimalisir kesalahan angka. "Kalau sistem online pada saat penganggaran, penyerapan atau realisasi sampai pelaporan akan secara sistematis tersusun dengan sendirinya. Ya memang jadi lebih praktis," kata Faizal.

Namun seharusnya pemkot Batu juga melihat kesiapan setiap desa yang benar-benar siap untuk pelaporan secara online.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved