Kabar Surabaya

Sushi Jowo Surabaya, Berawal dari Tugas Kuliah Asal-asalan Ternyata jadi Bisnis Serius

Alumni STIE Perbanas Jurusan Akuntansi yang sekarang menjadi owner Sushi Jowo Surabaya ini, Lella Winety.

Sushi Jowo Surabaya, Berawal dari Tugas Kuliah Asal-asalan Ternyata jadi Bisnis Serius
Hefty
Lelly Winety, owner Sushi Jowo Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Masing-masing mahasiswa memiliki caranya masing-masing untuk mengerjakan tugas kuliah, demikian juga dengan alumni STIE Perbanas Jurusan Akuntansi yang sekarang menjadi owner Sushi Jowo Surabaya ini, Lella Winety.

Lella mengaku sebagai mahasiswa yang sangat santai dalam menghadapi tugas. Sushi Jowo, diceritakan Lella, berawal tugas proposal kewirausahaan yang dikerjakannya dengan prinsip "pokoke ngumpulno" (yang penting mengumpulkan).

"Jadi ini ceritanya dari tugas proposal kewirausahaan. Saya usul untuk buat Sushi Jowo, ngasal aja, pikiran saya waktu itu kan cuma tugas, yang terpenting ngumpulin. Ngayal-ngayal gitu kan nggak papa," cerita Lella.

3 Permintaan Audrey ke Atta Halilintar, Keinginan Pertama Buat Raja Youtube Mau Tertawa Tapi Segan

Tindakan Anang Hermansyah Kena Prank Ashanty, Bikin Polisi Khawatir Hingga Memberi Pesan Khusus

Kendaraan Plat L Bisa Masuk Malang saat Final Arema FC Vs Persebaya, Perhatikan Hal-hal Berikut

Namun siapa sangka, tugas yang dikerjakannya semasih berada di bangku semester 4 itu mendapatkan tawaran dari salah seorang dosen, untuk diajukan sebagai proposal beasiswa wirausaha ke salah satu bank di Indonesia.

"Semester 6 dosen saya nawarkan proposal kewirausahaan itu diajukan untuk beasiswa wirausaha. Saya sama sekali nggak kepikiran akan masuk, orang ya proposal yang saya kerjakan ya biasa saja. Tapi tawaran itu saya sambut baik, ya apa salahnya kan memasukkan proposal," papar Lella.

Lanjutnya, ternyata hasilnya diluar dugaan, proposal kewirausahaan saya diterima dan saya dapat uang Rp 10 juta. Ia mengaku bingung akan diapakan uang itu, sebab ia sendiri tidak bisa memasak, produk Sushi Jowo yang disebutnya dalam proposal, murni merupakan khayalannya yang ditujukan untuk memenuhi tugas kuliah.

"Terus terang saya bingung mau diapakan uang itu. Kalau nggak dipakai juga sayang, akhirnya berbekal itu, saya nekat mewujudkan Sushi Jowo, tanpa ada bakat atau kemampuan masak sama sekali," ungkap perempuan asli Surabaya itu.

Proposal Produk Khayalan Dapat Beasiswa Usaha dari Bank, Kini Laris via Go Food dan Grab Food

Pemilik Sushi Jowo Surabaya Buat Catatan Harian untuk Kontrol Perkembangan Usaha Rumahan

Dengan bantuan sang bunda dan belajar membuat sushi dari tetangga, Lella memulai Sushi Jowo di masa-masa akhir kuliahnya, yakni sekitar akhir September 2013. Usaha yang dimulainya dari tugas kuliah itu terhitung sudah enam tahun berdiri, omzetnya per bulan mulai Rp 6 juta sampai Rp 10 juta.

Di masa awal Sushi Jowo, Lella mengaku sempat membuka stand di kantin kampusnya dan menerima pesanan antar ke rumah. Lella mengaku mengantarkan sendiri produknya dari satu rumah ke rumah lain yang memesan sushi buatannya. Produk pertama Sushi Jowo, hanya terdiri dari dua variant, yaitu original dan bara.

"Dulu cuma dua variant, original sama bara. Nah yang bara itu yang versi pedas. Kalau sekarang sudah ada lima, ketambahan variant cheeju, crazy crab, dan beef bites," paparnya. Hefty's Suud

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved