Malang Raya

Arumi Bachsin Di Malang Ajak Ibu-ibu Kurangi Sampah Karena Tahu Tentang Dapur

60 persen sampah yang terkumpul berasal dari sampah rumah tangga. Oleh sebab itu, seorang ibu memiliki peranan penting soal sampah rumah tangga.

Arumi Bachsin Di Malang Ajak Ibu-ibu Kurangi Sampah Karena Tahu Tentang Dapur
suryamalang.com/Benni Indo
Ketia TP PKK Prov Jawa Timur, Arumi Bachsin saat berkunjung ke Bakorwil III Malang, Jumat (12/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin mengajak para ibu-ibu PKK sewilayah Bakorwil III Malang peduli terhadap sampah. Arumi melakukan road show ke Bakorwil III Malang pada Jumat (12/4/2019).

Bakorwil III Malang meliputi sembilan wilayah yakni kawasan Malang Raya, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Lebih spesifik, Arumi mengajak para ibu-ibu tidak menggunakan plastik. Hal itu untuk mengurangi sampah plastik.

Dikatakan Arumi, 60 persen sampah yang terkumpul berasal dari sampah rumah tangga. Oleh sebab itu, seorang ibu memiliki peranan penting agar sampah rumah tangga bisa dikurangi.

"Soalnya ya kita-kita ini yang tahu tentang dapur. Jadi, mari kita kurangi karena 60 persen sampah di muka bumi ini berasal dari sampah rumah tangga," katanya.

Ibu-ibu PKK juga berperan memberikan edukasi mulai dari lingkup keluarga. Edukasi tentang bahaya sampah plastik hingga pentingnya menjaga kebersihan.

Arumi juga menjelaskan, plastik yang susah terurai berpotensi masuk ke dalam tubuh manusia melalui rantai makanan. Katanya, plastik yang terkena panas kemudian akan berubah menjadi seperti butiran.

"Seperti butiran garam itu. Kecil sekali. Lalu butiran itu dimakan ikan. Kita di sini makan ikan, jadi plastik berpotensi masuk ke tubuh kita," katanya.

Selain bicara soal sampah plastik, Arumi juga menjelaskan tentang stunting. Berdasarkan data yang ia paparkan, stunting di Jawa Timur jumlahnya cenderung turun sejak 2013-2018.

Pada 2013 lalu, jumlah anak stunting di Jawa Timur sebanyak 35.8 persen. Angka itu turun pada 2018 menjadi 32.81 persen.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved