Universitas Brawijaya

Berkat Bioplastik Limbah Whey Tahu, Mahasiswa FTP UB Menang di Malaysia

Berkat bioplastik limbah whey tahu, tim mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang meraih juara dua kategori gree

Berkat Bioplastik Limbah Whey Tahu, Mahasiswa FTP UB Menang di Malaysia
ist
Tiga mahasiswa FTP Universitas Brawijaya Malang meraih juara 2 di Malaysia dengan inovasi pengolahan limbah whey tahu jadi bioplastik wrap untuk tempat bumbu mie instan. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Berkat bioplastik limbah whey tahu, tim mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang meraih juara dua kategori green building/green product di kegiatan 5th International Biotechnology Competition and Exhibition.

Whey tahu adalah air buangan sisa proses penggumpalan tahu pada pembuatannya. Mereka adalah Listy Laura Boru Simamora, Hana Luthfiyana dan Trisha Artha Sitorus. Mereka mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan angkatan 2016.

Acara itu diadakan di University Teknologi Malaysia (UTM) pada 5-6 April 2019. Sebanyak 40 tim se ASEAN berlaga di ajang itu.

"Kami meraih juara dua berkat inovasi berjudul Biowaroya, biofood wrap from nata de soya for fast food industry to achieve green and sustainable world," jelas jelas Listy Laura Boru Simamora, mahasiswa FTP pada Suryamalang.com, Minggu (14/4/2019).

Dipaparkan Listy bahwa Biowaroya adalah bioplastik berbahan limbah whey tahu. Ini sebagai solusi penanganan limbah plastik agar bisa menjaga kelestarian lingkungan. Dikatakan, jika limbah whey tahu dibuang ke sungai oleh produsen tahu maka akan mencemari airnya.

Di sisi lain, timnya ingin mengurangi penggunaan plastik pada bumbu makanan siap saji. Maka limbah Whey diolah menjadi bioplastik wrap atau pembungkus bioplastik. "Ini ditujukan untuk bumbu instan makanan cepat saji seperti di mie instan," jawab dia.

Harapannya, jika ini dimanfaatkan maka diharapkan bisa mengurangi penggunaanya di industri makanan siap saji. "Maka limbah whey tahu tak lagi dibuang tapi bisa dimanfaatkan," jelasnya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved