Kabar Gresik

Belum Genap Dua Pekan Dibuka, Puluhan Paku Jalan Jembatan Sembayat II Gresik Hilang Dicuri

Namun belum genap dua minggu dilintasi kendaraan umum, paku jalan yang berada di tengah sudah hilang.

Belum Genap Dua Pekan Dibuka, Puluhan Paku Jalan Jembatan Sembayat II Gresik Hilang Dicuri
TribunJatim.com/Willy Abraham
Paku jalan Jembatan Sembayat Baru II banyak yang hilang. Padahal belum genap dua minggu dibuka, Minggu (14/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Willy Abraham

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Jembatan Baru Sembayat II baru saja dibuka untuk umum pada tanggal 1 April 2019. Namun belum genap dua minggu dilintasi kendaraan umum, paku jalan yang berada di tengah sudah hilang. Jika sebelum dibuka untuk umum jumlah paku jalan yang hilang hanya 19 buah, kali ini hampir dua kali lipatnya.

Padahal jembatan yang menelan biaya Rp 173 miliar itu sudah dilintasi kendaraan umum, bahkan dump truk. Entah bagaimana caranya, para pelaku pencurian ini beraksi bisa mencongkel paku yang berada di tengah jalan. Saat ini, total paku jalan yang hilang sebanyak 30 buah.

Jembatan Sembayat baru II yang menghubungkan wilayah Gresik utara menuju selatan ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Anton Sukartono Suratto bersama anggota komisi V DPR RI lainnya, Bambang Haryo Soekartono bersama perwakilan dari Kementerian PU secara simbolis memegang bendera lalu menangkat sebagai tanda jembatan baru tersebut bisa dilintasi untuk umum, Senin (1/4/2019) pukul 15.23 WIB.

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jatim telah mengetahui hilangnya puluhan paku jalan di jembatan sembayat II.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ruas Surabaya-Gresik-Sadang BBPJN VIII, Merlan Efendi mengaku geram dengan ulah masyarakat yang nekat mencuri paku jalan.

Padahal jembatan tersebut sudah ramai dilalui kendaraan, namun masih saja melakukan aksi pencurian. "Kami sangat-sangat kecewa, kejadian ini terulang lagi," katanya, Minggu (14/4/2019).

Lanjut Merlan, aksi pencurian tersebut sangatlah membahayakan pengguna jalan yang melintas. Karena mereka harus ekstra hati-hati bila ada aksi pencurian dengan cara mencongkel paku jalan di tengah jalan.

Pihaknya tidak habis pikir dengan apa yang dilalukan pelaku dapat membahayakan pengendara. Kecelakaan bisa saja terjadi saat aksi pencurian berlangsung.

Merlan enggan melaporkan kasus ini ke ranah hukum. Dia lebih memilih untuk memberi pesan kepada masyarakat sekitar yang kebetulan melintas agar ikut menjaga. Mengingat jembatan Sembayat II digunakan oleh orang banyak.

"Makanya kami minta masyarakat lain juga ikut mengawasi. Kalau mengetahui ada yang melakukan pencurian kami minta agar ditegur,” ungkapnya.

Sebanyak 30 paku jalan yang hilang akan diganti. Kontraktor diminta untuk segera melakukannya mengingat fungsi paku jalan sendiri adalah memantulkan cahaya agar memudahkan pengendara mengetahui batas lajur kanan maupun kiri yang dilalui, khususnya pada malam hari.

"Kalau hilang lagi, kami biarkan saja, tidak usah paku pembatas jalan sekalian," tegasnya.

Pengamatan di lapangan, paku jalan di jembatan yang memiliki panjang 354 meter lokasinya hilangnya berada di tengah jembatan hingga selatan atau memasuki wilayah Kecamatan Manyar. 

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved