Rumah Politik Jatim

Di Jember, Ada Sembilan Kotak Suara Dimakan Rayap

Sembilan kotak suara di Kecamatan Sukorambi, Jember rusak akibat dimakan rayap. Karenanya, sembilan kotak suara itu tidak didistribusikan ke PPS.

Di Jember, Ada Sembilan Kotak Suara Dimakan Rayap
Ist
Kotak suara dimakan rayap di Kec Sukorambi Jember 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Sembilan kotak suara di Kecamatan Sukorambi, Jember rusak akibat dimakan rayap. Karenanya, sembilan kotak suara itu tidak didistribusikan ke tingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Sukorambi.

Sembilan kotak suara itu tidak bisa terpakai karena berlubang. Sembilan kotak suara itu terdiri atas empat kotak suara untuk Pemilihan Presiden, dan lima kotak suara untuk Pemilihan DPR RI.

Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukorambi sudah memilah kotak suara yang dimakan rayap. PPK Sukorambi juga sudah melaporkan peristiwa itu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember. PPK juga minta penggantian untuk sembilan kotak suara tersebut.

Mendengar ada kabar kotak suara yang rusak akibat dimakan rayap, pihak Bawaslu Kabupaten Jember melihat kondisi gudang penyimpangan logistik Pemilu 2019 di PPK Sukorambi.

Anggota Bawaslu Kabupaten Jember, Devi Aulia R mengatakan, logistik Pemilu sebenarnya ditempatkan di gudang yang baru dibangun dua bulan lalu.

"Semalam kami mengecek ke Kantor Kecamatan Sukorambi. Gudang yang dipakai sebenarnya bangunan baru, baru dibangun dua bulan lalu. Bukan karena tidak layak. Namun setelah kami periksa, memang ada sebuah lubang kecil yang tembus sampai di balik dinding tembok," kata Devi kepada Suryamalang.com, Selasa (16/4/2019).

Lubang kecil itu jika tidak diamati secara teliti tidak langsung terlihat. Rayap itu rupanya masuk melalui lubang kecil tersebut.

Devi berharap segera ada penggantian untuk kotak suara yang rusak tersebut. Apalagi Selasa (16/4/2019) merupakan H-1 Pemilu 2019.

"Hari ini semua logistik ditargetkan terdistribusi ke tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara). Memang tidak ada batas waktunya, tetapi sesuai jadwal hari ini harus berada di tingkat TPS. Karenanya, Bawaslu saat ini memantau pendistribusian ini sampai ke tingkat itu," tegas Devi yang saat dihubungi sedang memantau pendistribusian di kawasan kaki gunung di Kecamatan Sukorambi.

Sejak Selasa (9/4/2019) pekan lalu, logistik Pemilu 2019 mulai digeser dari gudang KPU ke tingkat kecamatan atau PPK. Di penyimpanan tingkat kecamatan itu, Bawaslu mendapatkan laporan, selain kotak suara dimakan rayap, juga adanya kebocoran gudang di PPK Sumberbaru.

Pemilu serentak akan digelar pada Rabu (17/4/2019). Pemilih akan mendapatkan lima jenis surat suara yakni surat suara Pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved