Kabar Blitar

Ditemukan Kotak Suara Rusak Dimakan Rayap Dan Segel Lepas Di Kota Blitar

Dua kotak suara berisi surat suara pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu bagian bawahnya keropos dimakan rayap.

Ditemukan Kotak Suara Rusak Dimakan Rayap Dan Segel Lepas Di Kota Blitar
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kondisi kotak suara yang bagian bawahnya keropos dimakan rayap yang ditemukan di Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Selasa (16/4/2019).

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Sebanyak dua kotak suara yang didistribusikan KPU Kabupaten Blitar ke Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, ditemukan rusak, Selasa (16/4/2019). Dua kotak suara berisi surat suara pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu bagian bawahnya keropos dimakan rayap.

Kepala Desa Karanggayam, Nur Khamim mengatakan, temuan dua kotak suara rusak itu diketahui saat proses pendistribusian di kantor desa. Petugas mengecek kondisi kotak suara saat tiba di kantor desa. Saat dicek, terdapat dua kotak suara yang bagian bawahnya keropos dimakan rayap.

"Bagian bawahnya keropos seperti dimakan rayap. Kami langsung melaporkan ke KPU temuan itu," kata Nur Khamim.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah membenarkan adanya temuan dua kotak suara rusak di Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat. Dia sudah memerintahkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk mengecek kondisi kotak suara. "Sudah dicek oleh PPK, memang ada dua kotak suara rusak," kata Imron.

Tetapi, kata Imron, kondisi surat suara di dalam kotak suara yang rusak aman. Petugas tidak menemukan surat suara rusak di dalam kotak suara yang rusak. KPU juga langsung mengganti kotak suara yang rusak tersebut. "Kotak suara yang rusak sudah kami ganti dengan yang baru," ujarnya.

Sementara itu, pendistribusian kotak suara dan surat suara di Kota Blitar berjalan lancar. Petugas tidak menemukan kotak suara rusak di Kota Blitar. "Kalau kotak suara rusak tidak ditemukan, hanya ada kotak suara yang segelnya lepas," kata Sekretaris Desk Pemilu Kota Blitar, Hakim Sisworo.

Hakim mengatakan segel kotak suara yang terlepas itu diduga akibat gesekan saat diangkut truk boks. Sebab, saat diangkut truk boks, posisi kotak suara ditumpuk. "Mungkin akibat gesekan, karena posisinya ditumpuk, akhirnya segelnya lepas. Tadi langsung disegel ulang oleh KPU," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved