Malang Raya

Jangan Percaya Akun Facebook Minta Sumbangan Pakai Nama Wali Kota Malang, Sutiaji

Wali Kota : Aku besok pagi mau adakan acara buat berikan bantuan santunan ke anak" panti. Bagaimana ada niat mau bantu menyumbang buat mereka juga tid

Jangan Percaya Akun Facebook Minta Sumbangan Pakai Nama Wali Kota Malang, Sutiaji
Akun Facebook Wali Kota Malang, Sutiaji, diserang peretas. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Humas Pemkot Malang mengimbau agar masyarakat, khususnya warga Kota Malang, berhati-hati terhadap unggahan sosial media Facebook mengatasnamakan Sutiaji.

Kepala Bagian Humas Pemkot Malang M Nur Widianto menjelaskan, ada oknum tidak bertanggung jawab mengatasnamakan akun Wali Kota Malang, Sutiaji. Akun itu berusaha menipu untuk menggali dana dana sosial ke warga.

"Belum masuk dan terdeteksi tentang kerugian, tapi ada warga yang konfirmasi apa benar itu akun bapak," ujar Widianto.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Humas Pemkot Malang, pihaknya mendapati screenshot obrolan oknum mengatasnanakan Sutiaji menginformasikan kegiatan santunan kepada anak yatim.

Selanjutnya, akun itu mengimbau kepada warga untuk dapat ikut membantu dana yang dikirim ke nomor rekening bendahara penggalangan dana. 

"Modus-modus seperti ini sering kami temui, dan cenderung masih saja ada yang terperdaya. Untung saja ada informasi yang mengalir dan konfirmasi ke saya,  sehingga dapat saya tegaskan itu akun palsu. Jangan dipercayai dan jangan segan serta takut untuk melaporkan," tegas Sutiaji, Selasa (16/4/2019).

Berikut cuplikan obrolan itu:

Wali Kota : Aku besok pagi mau adakan acara buat berikan bantuan santunan ke anak" panti. Bagaimana ada niat mau bantu menyumbang buat mereka juga tidak?

Warga : Ini ibu-ibu tahlil ngge bade santunan pak... Kulo termasuk he...ngapunten ngge pak

Wali Kota : Ini aku berikan no rek bendahara penggalangan dana njih

Pemkot Malang mengingatkan agar masyarakat berhati-hati. Pemkot Malang menganjurkan agar masyarakat melakikan konfirmasi langsung ke Pemkot Malang jika ada akun FB atas nama Sutiaji berupaya meminta uang. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved