Rumah Politik Jatim

Peran Pegon atau Cikar untuk Pesta Demokrasi di Dusun Terpencil Wilayah Jember, Jawa Timur

Logistik pemilu harus dibawa memakai sepeda motor karena jembatannya kecil, kemudian dilanjutkan dengan memakai pegon atau cikar.

Peran Pegon atau Cikar untuk Pesta Demokrasi di Dusun Terpencil Wilayah Jember, Jawa Timur
kpu
Logistik pemilu harus dibawa memakai sepeda motor karena jembatannya kecil, kemudian dilanjutkan dengan memakai pegon atau cikar menuju Dusun Ungkalan, Desa Sabrang Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Logistik Pemilu 2019 harus sudah tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Selasa (16/4/2019). Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi menegaskan, KPU Jember menargetkan pengiriman logistik maksimal malam ini harus sudah berada di TPS.

"Maksimal malam ini sudah tiba di seluruh TPS di Jember. Sehingga besok pagi TPS sudah siap untuk pemilihan,' kata Hanafi kepada SuryaMalang.com, Selasa (16/4/2019).

Karenanya sejak Selasa (16/4/2019) pagi, semua logistik Pemilu digeser dari sekretariat PPK ke masing-masing PPS dan dilanjutkan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berada di masing-masing TPS. Bahkan untuk TPS yang berada di daerah yang aksesnya susah, KPU meminta untuk dikirimkan terlebih dahulu.

"Kami minta untuk TPS yang berada di daerah yang sulit, maka harus diprioritaskan. Seperti kemarin di kawasan Bandealit (Taman Nasional Meru Betiri), juga untuk Baban (Desa Mulyorejo Kecamatan Silo) yang aksesnya sulit harus didahulukan. Ke Bandealit sudah dikirimkan kemarin," imbuh Hanafi.

Hanafi mengakui ada sejumlah daerah yang secara geografis sulit. Ada TPS yang berada di kawasan perkebunan di dalam kawasan TNMB, juga perkebunan di kaki gunung, juga pedesaan di kaki gunung dengan akses jalan sulit. Ada juga TPS yang berada di satu dusun yang harus melewati jembatan kecil.

'Seperti di Dusun Ungkalan Desa Sabrang Kecamatan Ambulu yang harus dibawa memakai sepeda motor karena jembatannya kecil, kemudian dilanjutkan dengan memakai pegon atau cikar," lanjut Hanafi. Di Dusun tersebut ada empat TPS yakni TPS 41, 42, 43, dan 44.

Terpaksa Berkuda Demi Demokrasi, Cara Terbaik Kirim Logistik ke Kawasan Taman Nasional Meru Betiri

Logistik Pemilu diangkut memakai sepeda motor melewati sebuah jembatan kecil, kemudian diteruskan memakai pegon yang telah menunggu di ujung jembatan, di dalam kawasan Dusun Ungkalan.

Sementara itu, dari pantauan SuryaMalang.com, sejumlah KPPS mulai mengeset TPS masing-masing. Ketua KPPS TPS 24 Lingkungan Kauman Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates, Supardi menuturkan, sejak Senin (15/4/2019) malam, TPS 24 sudah mulai berdiri.

"Sore nanti mulai jam 3 sore, kami akan mengeset TPS. Kalau logistik biasanya datang agak malam. Pengalaman pemilihan sebelumnya datang sekitar maghrib itu," kata Supardi.

Sedangkan anggota Bawaslu Jember Devi Aulia menegaskan, seluruh pengawas di bawah Bawaslu memantau distribusi logistik Pemilu itu.

"Semua pengawas kami terjunkan untuk memantau apakah logistik sudah tiba di semua TPS. Karena hari ini, semua logistik harus sudah berada di TPS," tegas Devi.

PETA - Desa Sabrang Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved