Malang Raya

Rekomendasi Proyek Jalan Tol Pandaan Malang di Situs Sekaran Peninggalan Singasari, Dilanjutkan

Rekomendasi hasil kajian observasi di situs Sekaran oleh BPCB Jatim itu menandakan pihak JPM sudah bisa melanjutkan pembangunan jalan tol seksi V

Rekomendasi Proyek Jalan Tol Pandaan Malang di Situs Sekaran Peninggalan Singasari, Dilanjutkan
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Proyek tol Pandaan Malang di Situs Segaran bakal dilanjutkan lagi dengan posisi bergeser. Tapi tetap saja proyek bisa dihentikan jika kembali ditemukan keberadaan situs. 

Laporan Reporter SURYAMALANG.COM Aflahul Abidin dan Mohammad Romadoni

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Pembangunan jalan tol Pandaan Malang di seksi V yang sempat terhenti karena ditemukannya Situs Sekaran peninggalan Kerajaan Singasari akan kembali dikerjakan dalam waktu dekat.

Proses pembangunan jalan tol yang sebelumnya melintasi Situs Sekaran itu bahkan sudah bisa dikerjakan mulai minggu depan setelah PT Jasamarga Pandaan Malang (JMP) mendapatkan rekomendasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

BPCB sudah mengeluarkan rekomendasi terkait pergeseran proyek Tol Malang-Pandaan Seksi V kilometer 37.  

Surat rekomendasi dari hasil kajian observasi di situs Sekaran oleh BPCB Jatim itu menandakan pihak JPM sudah bisa melanjutkan pembangunan jalan tol seksi V pada pekan ini.

Fakta-fakta Bayi Tertukar di Surabaya, Kecurigaan Keluarga Muncul Karena Ucapan Tetangga

Viral di WA, Inilah Sosok Penyebar Link Video Hubungan Intim Pejabat Kabupaten Sleman di Luar Negeri

Jalan Tol Pandaan Malang Batal Diresmikan, Ternyata Ada Alasan Ini Selain Faktor Presiden Jokowi

Arkeolog BPCB Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, rekomendasi pergeseran Tol Malang-Pandaan telah sesuai kesepakatan bersama BPCB , PT JPM serta  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.

Kesepakatan saat itu, lanjut dia, pembangunan jalan tol bisa dilanjutkan dengan menggesar dalam radius 8 meter dari titik ekskavasi situs Sekaran atau apabila dihitung mulai dari jalur tol sisi jalan A dan B sekitar 15 meter.   

"Kita pastikan pergeseran jalan tol seksi V Pandaan-Malang ada restan 8 meter dari titik as ke sisi timur dari titik situs Sekaran, sehingga aman pembangunan bisa dilanjutkan," jelasnya, Sabtu (13/4).

Wicaksono menjelaskan PBCB Jatim saat ini sudah membuka situs Sekaran seluas 25 meter x 25 meter yang progresnya berkelanjutan.

Hasil kajian observasi di lokasi pihakya telah memastikan dari situs Sekaran ke arah tenggara aman untuk pembangunan jalan tol.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved