Rumah Politik Jatim

Tinjaun Kesiapan Pemilu Di Pacitan, Khofifah Pesankan Soal Kesiapan Lampu Penerangan Di TPS

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama forkopimda Jawa Timur melakukan peninjauan kesiapan Pemilu di Kabupaten Pacitan.

Tinjaun Kesiapan Pemilu Di Pacitan, Khofifah Pesankan Soal Kesiapan Lampu Penerangan Di TPS
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah bersama forkopimda Jawa Timur mulai Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe PB, Kajati Jawa Timur Sunarta serta Ketua KPU Choirul Anam dan Ketua Bawaslu Mohammad Amin melakukan peninjauan kesiapan Pemilu di Kabupaten Pacitan di TPS 001 Balerejo, Selasa (16/4/2019) 

SURYAMALANG.COM, PACITAN - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama forkopimda Jawa Timur mulai Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe PB, Kajati Jawa Timur Sunarta serta Ketua KPU Choirul Anam dan Ketua Bawaslu Mohammad Amin melakukan peninjauan kesiapan Pemilu di Kabupaten Pacitan, Selasa (16/4/2019).

Mendarat di Lanud Pacitan usai satu jam menempuh perjalanan udara menggunakan dua unit helikopter, Khofifah dan rombongan melakukan rapat dengan mendengarkan laporan KPU Pacitan serta kepala daerah setempat tentang kesiapan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif.

Tidak hanya itu, Khofifah dan rombongan juga meninjau TPS 001 di Balerejo. Mengecek kesiapan KPPS dan juga meninjau persiapan logistik di TPS 001 Balerejo.

"Kami dari forum koordinasi pimpinan daerah Jawa timur lengkap, ada Pangdam V Brawijaya, Kapolda, Kajati kemudian ada penyelenggara pemilu, ada ketua KPU dan Ketua Bawaslu hadir serta ada Deputy Menkopolhukam juga hadir di sini ingin melihat bahwa proses persiapan pemilu besok semua bisa kita pantau, kita dapat progress report dari penyelenggara pemilu di Kabupaten Pacitan," kata Khofifah.

Di Pacitan ada sebanyak 1.973 titik TPS, dua di antaranya ada di Lapas dan satu lagi ada di Pesantren. Khofifah ingin memastikan segala kebutuhan 471.061 pemilih di Pacitan bisa terantisipasi. Contohnya kebutuhan listriknya.

Pasalnya perhitungan suara dalam Pemilu dimungkinkan akan sampai malam. Bahkan sangat mungkin proses penyelenggaraan pemilu pada saat pemilihan bisa lebih dari jam 1.

"Lalu proses perhitungan bisa lebih dari tengah malam. Kita semua ingin terantisipasi, terprediksi dan semua bisa berjalan aman, listrik di daerah pelosok di TPS harus dipastikan tersuplai," tegas Khofifah.

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, untuk surat suara dini hari ini telah dikoordinasikan hampir di seluruh Kabupaten dan Kota semua sudah tercukupi.

"Jadi mulai surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,  DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten & Kota dan DPD semua sudah tercukupi. Jadi prinsip semua logistik sudah siap," tegas Anam.

Lebih lanjut Anam menegaskan, surat suara sudah clear. Logistik rumah maupun cadangan sudah siap di TPS sehingga ia memastikan pemilu bisa berjalan dengan lancar.

"Jadi bahkan untuk TPS tambahan kita, 161 TPS, dua ada di Kabupaten Pacitan semua logistik sudah kita penuhi," kata Anam.

"Jadi logistik berupa kertas suara, kotak, bilik suara dan semua sudah kita penuhi, terdistribusi dan sudah siap menggelar pemilu besok jam 7," pungkasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved